Paduoan Sapi Pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan Presepektif Fikih Muamalah

Fitri, Annisa (2023) Paduoan Sapi Pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan Presepektif Fikih Muamalah. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (cover, persetujuan pembimbing, pengesahan, abstrak, daftar isi)
bagian depan skripsi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 Annisa Fitri 1913040023)
BAB 1.pdf - Updated Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 Annisa Fitri 1913040023)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text (bab 5 dan daftar pustaka)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi full Annisa Fitri 1913040023)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Paduoan Sapi Pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan Presepektif Fikih Muamalah”, ditulis oleh: Annisa Fitri Nim 1913040023, Prodi Hukum Ekonomi Syariah UIN Iman Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh tidak dilaksanakanya akad yang telah disepakati antara BUMNAG selaku pemilik modal dengan kelompok tani sebagai pemelihara sapi. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan akad paduoan sapi pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan Presepektif Fikih Muamalah. Ada tiga pertanyaan penelitian, yakni: pertama, bagaimana pelaksanaan akad paduoan sapi pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Kedua, bagaimana sistem bagi hasil pelaksanaan paduoan sapi pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Ketiga, bagaimana pelaksanaan akad paduoan sapi pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan Presepektif fikih muamalah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer dan data skunder. Data primer yang didapatkan dari informan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan skripsi. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian adalah pertama, Pelaksanaan paduoan Sapi pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara adalah aplikasi kerjasama dalam bidang mudharabah. kedua, sistem bagi hasil pada pelaksanaan paduoan sapi pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara awalnya 50%-50% tapi karena ada perubahan didalam akad maka diganti menjadi 70%-30%. Ketiga, Pelaksanaan paduoan Sapi pembibitan di Nagari Pakan Rabaa Utara dalam pandangan fikih muamalah tidak sesuai dengan syariat Islam. Karena terjadi pelanggaran akad yaitu mengingkari perjanjian yang telah dibuat dan tidak memenuhi rukun dan syarat mudharabah, menyebabkan batalnya akad yang telah disepakati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akad, mudharabah, fikih muamalah
Subjects: Agama Islam
D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 01 Sep 2023 05:18
Last Modified: 26 Sep 2023 01:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item