STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA UMKM “KEBAYA BORDIR RANGKAYO LISA”

Mesandaffa, Faiz Jiyad (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA UMKM “KEBAYA BORDIR RANGKAYO LISA”. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
BAGIAN 1 SKRIPSI FAIZ.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAGIAN 2 SKRIPSI FAIZ.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB III)
BAGIAN 3 SKRIPSI FAIZ.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (BAB V)
BAGIAN 4 SKRIPSI FAIZ.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FAIZ JIYAD FULL_FINISH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UMKM Kebaya Bordir Rangkayo Lisa merupakan salah satu UMKM yang sudah go internasional, usaha ini telah beberapa kali mengikuti pameran dan melakukan penjualan di luar negeri yaitu Thailand, Malaysia dan Singapura. Namun didalam menjalani usaha nya, UMKM ini belum mempunyai strategi bisnis secara konseptual, akibatnya pendapatan pada usaha ini masih fluaktif dan belum bisa menjalankan bisnis secara efektif, sehingga berdampak pada target penjualan yang juga ikut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis serta strategi pengembangan pada usaha Kebaya Bordir Rangkayo Lisa. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas dan analisis SWOT untuk membantu perumusan strategi alternatif. Hasil penelitian menunjukkan, hasil analisis pada Matriks IFAS pada usaha ini adalah sebesar 2,528 dimana yang menjadi faktor kekuatan terbesar terletak pada rentang usia pelanggan yang luas, sedangkan kelemahan terbesar ialah pendapatan penjualan yang masih fluktuatif. Sedangkan hasil analisis pada Matriks EFAS adalah sebesar 2,864 dimana yang menjadi faktor peluang terbesar ialah memperbanyak mengikuti event atau pameran, sedangkan ancaman terbesar ialah pesaing menawarkan pelayanan lebih menarik. Berdasarkan hasil analisis IFAS dan EFAS, menempatkan UMKM Kebaya Bordir Rangkayo Lisa pada kuadran V. Posisi ini menunjukan bahwa usaha Kebaya Bordir Rangkayo Lisa berada pada posisi tumbuh dan membangun atau Grow And Build

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, UMKM, Kebaya, Business Model Canvas, SWOT
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:36
Last Modified: 22 Sep 2023 02:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item