Martias, - (2020) Variasi pembaharuan pondok pesantren di Sumatera Barat dan relevansinya dengan kebijakan Pendidikan Nasional. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text
Martias_88306043_S3_Cover dll.pdf - Published Version Download (338kB) |
|
Text
Martias_88306043_S3_Bab 1.pdf - Published Version Download (391kB) |
|
Text
Martias_88306043_S3_Bab 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
|
Text
Martias_88306043_S3_Bab 3.pdf - Published Version Download (250kB) |
|
Text
Martias_88306043_S3_Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
Text
Martias_88306043_S3_Bab 5.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text
Martias_88306043_S3_Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version Download (312kB) |
|
Text
Martias_88306043_S3_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Martias, NIM. 88306043, Variasi Pembaharuan Pondok Pesantren di Sumatera Barat dan Relevansinya dengan Kebijakan Pendidikan Nasional, disertasi. Padang Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Program Studi Pendidikan Islam. Pembaharuan yang dilakukan oleh Pesantren adalah untuk menjawab tantangan zaman dan mengejar ketertinggalan khususnya di bidang sosial kemasyarakatan, karena walau bagaimanapun pesantren pada dasarnya tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat. Oleh karena itu, ada tiga pondok pesantren di Sumatera Barat yang banyak diminati masyarakat. Ketiganya melakukan pembaharuan, yaitu Pondok Pesantren Ar-Risalah, PPMT Hamka, dan PPM Nurul Ikhlas. Masalah dan Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengungkapkan sejarah dan dinamika pembaharuan Pondok Pesantren di Sumatera Barat. 2) Menemukan variasi komponen pembaharuan Pondok Pesantren di Sumatera Barat. 3) Melihat relevansi varian pembaharuan dengan kebijakan pendidikan nasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologis untuk melacak pengalaman-pengalaman subyektif dari pondok pesantren yang diteliti sebagai sumber primernya dan sumber sekundernya berupa dokumen yang berkaitan erat dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan menelaah seluruh data yang dikumpulkan, mengurutkan, mengelompokan dan mengkategorikan data dan akhirnya untuk diinterprestasikan. Hasil yang diperoleh dari penelitan variasi pembaharuan pondok pesantren di Sumatera Barat dan relevansinya dengan kebijakan pendidikan nasional adalah: 1. Pembaharuan pondok pesantren di Sumatera Barat sudah dilaksanakan semenjak zaman pembaruan pendidikan Islam sekitar awal abad ke-20 M, banyak berdiri sekolah-sekolah agama yang telah memakai pendidikan modern seperti Adabiyah Schooll, Madrasah Diniyah di Padang Panjang, Kulliyatul Mu’allimin (Normal Islam), yang sebelumnya di Sumatera Barat masih melaksanakan pendidikan Surau. 2. Variasi pembaharuan pondok pesantren di Sumatera Barat dapat terlihat pada aspek Visi, Misi dan Tujuan, Kurikulum, Metodologi Pengajaran, Manajemen Pengelolaan, dan Evaluasi. 3. Relevansi varian pembaharuan dengan kebijakan pendidikan nasional terlihat dengan sangat banyaknya para santri untuk bisa memasuki perguruan tinggi, tidak hanya yang berafiliasi terhadap agama, tetapi juga perguruan tinggi umum yang favorit, baik dalam maupun luar negeri dan terciptanya peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia yang sangat relevan dengan kebijakan pendidikan nasional yang tertuang dalam UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Ternyata pesantren kini berkembang dan melakukan pembaruan karena tuntutan orang-orang yang mengikuti zaman globalisasi
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Eskha Pustakawan |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 19:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 19:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12831 |
Actions (login required)
View Item |