Nadia Indra Sari (2022) PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE PADA MAHASISWA YANG BERWIRAUSAHA DENGAN MAHASISWA YANG TIDAK BERWIRAUSAHA DI UIN IMAM BONJOL PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Nadia Indra Sari_1815040158_BAB 1 - Nadia Indra sari(1).pdf Download (257kB) |
|
Text
Nadia Indra Sari_1815040158_BAB 2 - Nadia Indra sari.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
|
Text
Nadia Indra Sari_1815040158_BAB 3 - Nadia Indra sari(1).pdf Download (443kB) |
|
Text
Nadia Indra Sari_1815040158_BAB 4 - Nadia Indra sari(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
Nadia Indra Sari_1815040158_BAB 5-Dapus - Nadia Indra sari(1).pdf Download (152kB) |
|
Text
Nadia Indra Sari_1815040158_Cover dll_ - Nadia Indra sari.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nadia Indra Sari_1815040158_Fulltext_ - Nadia Indra sari(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh Nadia Indra Sari, NIM 1815040158 Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Judul skripsi ini adalah “Perbedaan Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Pada Mahasiswa Yang Berwirausaha Dengan Mahasiswa Yang Tidak Berwirausaha Di UIN Imam Bonjol Padang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kunjungan platform berbelanja online pada e-commerce shopee pada hasil analisis data Kantar (2021) dan hasil perhitungan data iPrice dan SimilarWeb di tahun 2022. Salah satu masalah yang berhubungan dengan platform berbelanja online adalah perilaku konsumsi yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa perilaku konsumsi khususnya mahasiswa masih belum sesuai kaidahnya sehingga masih memiliki kecenderungan materialistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku konsumtif pengguna shopee pada mahasiswa yang berwirausaha dengan mahasiswa yang tidak berwirausaha di UIN Imam Bonjol Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian studi komparatif. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-test. Populasi antara kedua kelompok tidak diketahui jumlahnya secara pasti, sehingga penulis menggunakan rumus Supramono dan Haryanto (2005) untuk mendapatkan jumlah sampel penelitian di UIN Imam Bonjol Padang. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Sampel penelitian berjumlah 264 mahasiswa dengan rincian 132 mahasiswa yang berwirausaha dan 132 mahasiswa yang tidak berwirausaha. Hasil penelitian menggunakan analisis Independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi p=0.028 (p<0.05). Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan perilaku konsumtif pengguna shopee pada mahasiswa yang berwirausaha dengan mahasiswa yang tidak berwirausaha. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perilaku konsumtif pada mahasiswa yang berwirausaha didominasi pada kategori rendah yaitu sebesar 49.24% atau sebanyak 64 orang dan perilaku konsumtif pada mahasiswa yang tidak berwirausaha dominan pada kategori tinggi yaitu sebesar 38.88% atau sebanyak 49 orang. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa yang tidak berwirausaha memiliki perilaku yang lebih konsumtif dibandingkan dengan mahasiswa yang berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) > Psikologi Bilingualisme |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama |
Depositing User: | Armen Arfat Pustakawan |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 03:17 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 03:17 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12775 |
Actions (login required)
View Item |