PENGARUH STRES AKADEMIK DAN MINDFULNESS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG

Mita Putri Wahyu (2022) PENGARUH STRES AKADEMIK DAN MINDFULNESS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
MITA PUTRI WAHYU_1715040145_Bab 1 - Mitaputri.pdf

Download (342kB)
[img] Text
MITA PUTRI WAHYU_1715040145_BAB 2 - Mitaputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
MITA PUTRI WAHYU_1715040145_BAB 3 - Mitaputri.pdf

Download (333kB)
[img] Text
MITA PUTRI WAHYU_1715040145_BAB 4 - Mitaputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
MITA PUTRI WAHYU_1715040145_BAB 5 - Mitaputri.pdf

Download (261kB)
[img] Text
MITA PUTRI WAHYU_1715040145_COVER - Mitaputri.pdf

Download (297kB)
[img] Text
MITA PUTRI WAHYU_ 1715040145_ FULLTEXT - Mitaputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Stres Akademik dan Mindfulness terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang” disusun oleh Mita Putri Wahyu NIM 1715040145, Program studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin dan studi Agama yang tidak lulus tepat waktu, dimana terdapat ketimpangan antara jumlah mahasiswa masuk dan mahasiswa yang lulus. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah penundaan dalam menyelesaikan skripsi atau prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stres akademik dan mindfulness terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, serta aspek mana dari variabel tersebut yang lebih mempengaruhi terjadinya prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Populasi penelitian sebanyak 138 mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang masih aktif. Penarikan sampel menggunakan rumus slovin, dan didapatkan sampel sebanyak 103 mahasiswa tingkat akhir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala psikologi dengan menggunakan model empat pilihan jawaban. Penelitian ini menggunakan tiga skala sebagai alat ukur yaitu skala stres akademik, skala mindfulness dan skala prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukan bahwa stres dan prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir berada pada tingkat tinggi sedangkan mindfulness berada pada tingkat rendah. Uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif stres akademik terhadap prokrastinasi akademik sedangkan mindfulness berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik. Adapun secara simultan stres akademik dan mindfulness berpengaruh secara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai R Square sebesar 0.368, dimana aspek yang paling mempengaruhi yaitu aspek emosi dan aspek non reacting to inner experience.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mindfulness, Prokrastinasi Akademik, Stres Akademik
Subjects: U Umum (General) > Psikologi Bilingualisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:21
Last Modified: 14 Jun 2023 04:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item