PERANAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT ( STUDI PADA DESA SAMPEAN KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN )

ABDI SIREGAR, ABDI (2022) PERANAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT ( STUDI PADA DESA SAMPEAN KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN ). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abdi Siregar_1713060041_Cover - Abdi Siregar.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (BAB I)
Abdi Siregar_1713060041_Bab 1 - Abdi Siregar.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (BAB III)
Abdi Siregar_1713060041_Bab 3 - Abdi Siregar.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (BAB V)
Abdi Siregar_1713060041_Bab 5 - Abdi Siregar.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Abdi Siregar-1713060041-FULLTEXT - Nadia Wingga.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)

Abstract

Penilitian ini dilatar belakangi oleh Alokasi Dana Desa di Desa Sampean digunakan untuk membangun atau memperdayakan infrastruktur seperti pembangunan jalan, pembangunan tugu yang ada di tengah perkampungan Di Desa Sampean, gaji perangkat desa Dan kepala Desa Bantuan Terhadap masyarakat yang kurang mampu seperti pembangunan Rumah bagi masyarakat yang layak di bantu, dan tunjangan BPD pembuatan batas dusun, dan pembelian perlengkapan Kantor Desa. Namun dengan demikian dengan adanya tingkat kejahteraan pembangunan tersebut akan menambah pendapatan bagi desa Sampean. Namun tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan suatu perubahan yang didanai oleh alokasi dana desa sangat rendah. Disebabkan karena tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakat di desa Sampean masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana peranan alokasi dana desa terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Sealatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menjelaskan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap kepercayaan, persepsi seseorang atau kelompok. Hasil penelitian ini adalah peranan alokasi dana desa di desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan sudah sesuai dengan tujuan alokasi dana desa yaitu pemberdayaan terhadap ekonomi masyarakat. Dan masyarakat sangat bersyukur dengan adanya alokasi dana desa ini karena dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan mata pencaharian dan dengan adanya pembangunan desa, desa Sampean menjadi lebih baik dari sebelumnya dan selain jalan bagus masyarakt juga sudah menikmati air bersih dengan mudah untuk didaptakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alokasi Dana Desa, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 26 May 2023 02:24
Last Modified: 26 May 2023 02:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item