PENGARUH LAYANAN GOFOOD TERHADAP KONSUMSI MAHASISWA UIN IMAM BONJOL PADANG

CHADI QOTUL JANNAH, JANNAH (2022) PENGARUH LAYANAN GOFOOD TERHADAP KONSUMSI MAHASISWA UIN IMAM BONJOL PADANG. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full Text)
37. Chadi Qotul Jannah__Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Layanan GoFood Terhadap Konsumsi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang” disusun oleh Chadi Qotul Jannah, Nim 1816010121, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Dalam penelitian ini penulis menyajikan penelitian empiris tentang bagaimana pengaruh layanan GoFood terhadap konsumsi mahasiswa, yang kita tahu bahwa mahasiswa cenderung bersikap hemat dan tidak konsumtif, dan hadirnya layanan GoFood menjawab permasalahan tersebut, kemudahan akses layanan dan banyaknya promo dan gratis ongkir membuat daya tarik tersendiri bagi para generasi Z seperti Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari layanan GoFood terhadap konsumsi yang terjadi pada Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan kusioner (Skala Likert) dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa yang menggunakan GoFood di kampus II UIN Imam Bonjol Padang Angkatan 2018-2020. Penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dengan dibantu variabel-variabel kontrol menggunakan perangkat spss. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Gofood berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi dengan nilai sig. (0,000) < α (0,05) dan nilai keofisien regresi 0,694, artinya layanan GoFood berpengaruh signifikan dan meningkatkan konsumsi mahasiswa kampus II UIN Imam Bonjol Padang. Dalam pandangan Islam, perilaku konsumsi (Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Kampus II) dalam menggunakan layanan GoFood sudah sesuai dengan kaidah pedoman syariah Islam. Islam memandang bahwa perusahaan GoJek dalam menjalankan usahanya malalui layanan Gofood sudah memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yang berlandaskan Al�Qur’an dan hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:04
Last Modified: 11 Apr 2023 03:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12438

Actions (login required)

View Item View Item