HUBUNGAN ANTARA IRRATIONAL BELIEFS DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

Regina Cahyani, Regina Cahyani (2023) HUBUNGAN ANTARA IRRATIONAL BELIEFS DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Regina Cahyani_1815040069_BAB I - Regina Cahyani(1).pdf

Download (245kB)
[img] Text
Regina Cahyani_1815040069_BAB II - Regina Cahyani(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
Regina Cahyani_1815040069_BAB III - Regina Cahyani(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Regina Cahyani_1815040069_BAB IV - Regina Cahyani(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
Regina Cahyani_1815040069_BAB V - Daftar Pustaka - Regina Cahyani(1).pdf

Download (358kB)
[img] Text
Regina Cahyani_1815040069_Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll - Regina Cahyani(1).pdf

Download (624kB)
[img] Text
Regina Cahyani_1815040069_Fulltext - Regina Cahyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Hubungan Antara Irrational Beliefs dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok” ini disusun oleh Regina Cahyani dengan NIM.1815040069, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwasanya seringkali terjadi perilaku menunda-nunda pada siswa baik dalam memulai mengerjakan maupun menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah adanya keyakinan irasional (irrational beliefs) yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara irrational beliefs dengan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala dengan jenis Skala Likert. Instrument penelitian ini menggunakan dua skala yaitu irrational beliefs yang berjumlah 19 aitem dan prokrastinasi akademik 24 aitem. Populasi pada penelitian ini berjumlah 254 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 156 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan kategorisasi kategorisasi irrational beliefs berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,7 % atau sebanyak 80 dari 149 siswa. Sedangkan prokrastinasi akademik juga berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 57 % atau sebanyak 85 dari 149 siswa. Hasil uji hipotesis bernilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,564 yang mana artinya Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara irrational beliefs dengan prokrastinasi akademik pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Kata Kunci : Irrational Beliefs, Prokrastinasi Akademik, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Irrational Beliefs, Prokrastinasi Akademik, Siswa
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Lingkungan Sosial dalam Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:51
Last Modified: 20 Mar 2023 06:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item