PERBEDAAN SELF IMAGE PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP PENGGUNA DAN TIDAK PENGGUNA AKUN ROLEPLAY DI PADAN

Rahmah Elyunusyah,, Rahmah Elyunusyah, (2023) PERBEDAAN SELF IMAGE PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP PENGGUNA DAN TIDAK PENGGUNA AKUN ROLEPLAY DI PADAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Rahmah Elyunusyah_17150105_Skripsi Fulltaxt - rahmah elyunusyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Rahmah Elyunusyah_1715040105_BAB I - rahmah elyunusyah.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Rahmah Elyunusyah_1715040105_BAB II - rahmah elyunusyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
Rahmah Elyunusyah_1715040105_Bab III - rahmah elyunusyah.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Rahmah Elyunusyah_1715040105_Bab IV - rahmah elyunusyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
Rahmah Elyunusyah_1715040105_Bab V-Daftar Pustaka - rahmah elyunusyah.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Rahmah Elyunusyah_1715040105_COVER dll - rahmah elyunusyah.pdf

Download (454kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmah Elyunusyah, NIM 1715040105, “Perbedaan Self Image pada Remaja Penggemar K-pop Pengguna dan Tidak Pengguna Akun Roleplay di Padang”, Prodi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Tahun 2023. Remaja tidak terlepas dengan yang namanya pengaruh dari lingkungan. Perkembangan sosio-emosional lebih mengarah pada hubungan seseorang dengan orang lain. Hubungan ini berkembang karena adanya dorongan rasa ingin tahu terhadap segala sesuatu yang ada di dunia sekitarnya. Salah satunya pengaruh eksternal yaitu remaja Indonesia sedang marak-maraknya mengikuti trend yang lagi mendunia yaitu Korean Pop atau yang lebih dikenal dengan sebutan K-pop. Remaja penggemar K-pop dapat menunjukkan perannya sebagai penggemar yang menggunakan atau tidak menggunakan akun roleplay. Dalam akun roleplay, remaja penggemar K-pop akan bermain peran seperti idolnya dimulai dari nama, foto profil, hingga karakter. Berbeda dengan remaja penggemar K-pop yang tidak menggunakan akun roleplay, mereka lebih terbuka terhadap kesukaannya dengan K-pop kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self image remaja penggemar K-pop pengguna dan non pengguna akun berbasis roleplay di Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis komparasi. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja penggemar K-pop yang tergabung dalam komunitas K-popers di Padang sebanyak 367 orang dengan jumlah sampel 192 orang masing-masing terdiri dari 96 pengguna akun roleplay dan 96 non pengguna akun roleplay. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability dengan jenis purposive sampling, kemudian diukur menggunakan skala self image teori oleh Brown. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian Indenpendent Sample t-tes menggunakan SPSS 20.0 for windows didapat nilai signifikan 0.000 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan 0.05. Berdasarkan hasil uji tersebut, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan self image remaja penggemar K-pop pengguna dan tidak pengguna akun roleplay di Padang. Kata Kunci: Self image, remaja, penggemar K-pop, roleplay

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self image, remaja, penggemar K-pop, rolep
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Lingkungan Sosial dalam Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:10
Last Modified: 20 Mar 2023 03:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12315

Actions (login required)

View Item View Item