Dampak Pelaksanaan Pilkada Serentak masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor digital printing di Kabupaten Padang Pariaman

Muhammad Raffi Nasdi, Raffi (2023) Dampak Pelaksanaan Pilkada Serentak masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor digital printing di Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan, Abstrak, Daftar Isi)
COVER Raffi.pdf - Submitted Version

Download (207kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text (Full Text)
Final Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Dampak Pelaksanaan Pilkada Serentak masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Sektor digital printing di Kabupaten Padang Pariaman”, yang disusun oleh Muhammad Raffi Nasdi, NIM.1613060009. Prodi Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Pilkada serentak di tengah pandemi covid 19 tahun 2020 ini juga akan di laksankan di Provinsi Sumatera Barat dan beberapa Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini tentu menjadi ke khawatiran masyarakat apabila pelaksanaan pilkada ini akan memperburuk kondisi covid-19 di kabupaten Padang Pariaman terutama pada sektor usaha. Sehingga dalam hal ini diperlukan peranan pemerintah daerah untuk memikirkan dan mengantisipasi dampak yang akan di timbulkan Pilkada serentak ini. Adanya pilkada serentak ini tentu meningkatkan permintaan pelaku politik seperti spanduk, baliho,pamflet dan kebutuhan sablon lainnya. Permintaaan yang tinggi ini belum mampu terpenuhi oleh pelaku usaha digital printing di karenakan faktor internal tetapi juga tantangan eksternal. Berbagai hambatan itu antara lain menyangkut masalah permodalan, sumber daya manusia (SDM) dan teknologi yang berakibat pada rendahnya mutu produk dan tidak adanya kontinuitas dalam berproduksi, inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi, pemakaian bahan baku dan kesiapan menghadapi tantangan lingkungan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dampak Pelaksanan Pilkada Serentak masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Sektor Usaha Digital Printing di Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. sampel pada penelitian ini sebanyak 43 responden dengan penarikan sampel menggunakan rumus lameshow. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan analisis deskriptif, statitstik inferensial, Uji beda Wilcoxon Sign Rank Test. yang dibantu dengan perangkat software SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Z sebesar-1,378 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.168 atau probabilitas lebih besar dari 0.05. Artinya tidak terdapat perbedaan pendapatan yang signifikan pada UMKM Sektor digital printing sebelum dan setelah penetapan calon pada pilkada serentak di Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Pilkada Serentak; dan Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:22
Last Modified: 15 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item