Kondisi Kesehatan Mental Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tanjung Pati Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam.

Fitri Lathifa, - (2022) Kondisi Kesehatan Mental Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tanjung Pati Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Fitri Lathifa_1612020027_Bab 1 - Fitri Lathifa.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
Fitri Lathifa_1612020027_Bab 2 - Fitri Lathifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fitri Lathifa_1612020027_Bab 3 - Fitri Lathifa.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
Fitri Lathifa_1612020027_Bab 4 - Fitri Lathifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fitri Lathifa_1612020027_Bab 5 - Daftar Pustaka - Fitri Lathifa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fitri Lathifa_1612020027_Cover, dll - Fitri Lathifa.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext)
Fitri Lathifa_1612020027_Fulltext - Fitri Lathifa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang dikenal kental akan etika dan moral, yang berkaitan dengan aturan agama dan juga aturan budayanya.Namun hal tersebut sebelum menjadi dasar kuat untuk terhindar dari permasalahan sosial yang berkaitan dengan moral dan etika di masyarakat.Fenomena yang terjadi di masyarakat bahwasanya remaja yang telah melakukan tindakan kriminal, itu banyak yang telah dibawa ke dalam unit pelayanan yang diberi nama Lembaga Pemasyarakatan Anak. Maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk-bentuk kesehatan mental remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental remaja, dan langkah-langkah yang dilakukan dalam mencapai kondisi kesehatan mental yang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian didasarkan pada purposive sampling dengan 42 orang pembina dan 38 remaja binaan. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka diperoleh 4 orang pembina dan 10 orang remaja binaan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa; 1) Bentuk-bentuk kesehatan mental remaja adalah kesehatan mental positif yang ditandai dengan perilaku remaja tersebut yang bisa bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat dan kesehatan mental bermasalah yang ditandai dengan sikap remaja tersebut yang mudah stress,sering merasa tertekan, dan juga sulit untuk bergaul dengan temannya yang lain;2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental remaja adalah faktor individu ditandai dengan sikap remaja yang selalu merasa cemas dan takut dengan keadaan dan juga sulitnya remaja untuk berkonsentrasi. Lalu pada faktor psikologis ditandai dengan perilaku remaja yang mudah marah dan sulit untuk mengontrol emosi. Dan pada faktor lingkungan ditandai dengan perilaku remaja yang sangat sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, dan; 3)langkah-langkah yang dilakukan dalam mencapai kesehatan mental yang optimal pada remaja yaitu pengobatan dengan melakukan metode shalat, pencegahan dengan selalu menerapkan sikap saling menolong dan berpikiran positif, .dan juga pembinaan dengan dilakukannya pembinaan kepribadian dan kemandirian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:56
Last Modified: 11 Jul 2023 03:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11598

Actions (login required)

View Item View Item