Psychological well-Being Siswa Sekolah Dasar Selama Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19

Fauzia Azima, - (2022) Psychological well-Being Siswa Sekolah Dasar Selama Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Fauzia Azima_1712020134_Bab 1.pdf2 - Fauzia Azima.pdf

Download (343kB)
[img] Text (Bab II)
Fauzia Azima_1712020134_Bab II.pdf2 - Fauzia Azima.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
Fauzia Azima_1712020134_BAB III.pdf2 - Fauzia Azima.pdf

Download (125kB)
[img] Text (Bab IV)
Fauzia Azima_1712020134_BAB IV.pdf2 - Fauzia Azima.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
Fauzia azima_1712020134_ Bab V dan DAFTAR PUSTAKA3 - Fauzia Azima.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Fauzia Azima_1712020134_cover dan lain-lain.4 - Fauzia Azima.pdf

Download (496kB)
[img] Text (Fulltext)
Fauzia azima_1712020134_ Fulltext 3 - Fauzia Azima.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak yang mengalami rasa yang tertekan dengan tugas-tugas yang di berikan oleh setiap guru pada setiap mata pelajaran di samping itu penyebab stres yang lain adalah panjangnya waktu belajar anak yaitu dari jam 07 pagi sampai 10 malam karena tidak adanya batas waktu dan banyaknya waktu selingan (jeda) dalam membuat tugas dan hal itu berpengaruh negatif terhadap kesejahteraan piskologis anak dalam belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan diri siswa dalam belajar daring, hubungan positif dengan orang lain, kemandirian dalam belajar daring, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, pertumbuhan pribadi selama belajr daring. Penelitian ini mengunakan motode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara.Teknik yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling dengan kriteria tertentu. Subjek penelitian yang menjadi informan penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 siswa Sekolah Dasar 12 Limau Gadang Lumpo Kec. IV Jurai,Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menujukan, bahwa: Psychological well-Being pada aspek penerimaan diri pada umumnya siswa mempunyai penerimaan diri tidak bagus.Dikarenakan siswa yang tidak bisa menerima belajar daring karena mereka merasakan belajar daring sangat sulit, dan susah jaringan di tempat tinggal mereka. Psychological well-Being pada aspek hubungan yang positif dengan orang lain pada umumnya siswa mempunyai hubungan positif dengan orang lain sangat bagus. Informen terlihat ramah terhadap teman-teman dan masyarakat sekitar. Psychological well-Being pada aspek otonomi pada umumnya siswa belum mempunyai kemandirian di dalam dimensi kemandirian ini hampir semua siswa belum bisa mandiri dikarena hampir semua siswa memerlukan bantuan orang tuanya saat belajar daring. Psychological well-Being pada aspek penguasaan lingkungan siswa negatif dimana informan tidak mampu mengontrol dirinya agar tidak marah kepada teman. Psychological well-Being pada aspek tujuan hidup siswa baik dan terarah dimana informan mempunyai keinginan untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi Psychological well-Being pada aspek pertumbuhan pribadi siswa yang baik ada keinginan informan untuk berubah kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:33
Last Modified: 11 Jul 2023 03:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item