STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS SOCIOPRENEURSHIP PADA UKM BANK SAMPAH PANCADAYA KURANJI KOTA PADANG

ABDUL RINALDI LUBIS, - (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS SOCIOPRENEURSHIP PADA UKM BANK SAMPAH PANCADAYA KURANJI KOTA PADANG. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full text)
Abdul Rinaldi Lubis_1816030006_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Sociopreneurship pada UKM Bank Sampah Pancadaya Kuranji Kota Padang”. disusun oleh Abdul Rinaldi Lubis, NIM 1816030006 Program Manajeme Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Padang Imam Bonjol Padang. Bank Sampah Pancadaya merupakan UKM yang berbasis sociopreneurship. Bank Sampah ini hadir untuk mengatasi masalah sampah di masyarakat. Namun perkembangan Bank Sampah Pancadaya belum berkembang sehingga perlu dilakukan suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat UKM Bank Sampah Pancadaya. Kemudian, strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh Bank Sampah Pancadaya. Penelitian ini digunakan dengan wawancara kepada direktur Bank Sampah Pancadaya dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas model bisnis yang digunakan dan analisis SWOT untuk memabantu perumusan strategi alternatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa faktor pendukung dari Bank Sampah Pancadaya adalah adanya kerjasama dengan PT. Pegadaian (mitra utama), mitra binaan, mitra kegiatan. Adanya marketplace yang memudahkan costumer untuk registrasi dan memesan jasa penjemputan sampah. Adanya pelatihan dan pembinaan kepada para anggota secara rutin. Selanjutnya, mempermudah pelanggan dengan adanya jasa penjemputan. Sedangkan faktor penghambat dari Bank Sampah Pancadaya adalah harga sampah yang tidak stabil dan costumer segmen atau target yang dituju untuk memperoleh bahan baku masih homogen. Selanjutnya, kurangnya pemasaran melalui sosial media. Strategi pengembangan usaha yang digunakan Bank Sampah Pancadaya, yaitu memanfaatkan tenaga kerja yang terampil melalui pelatihan, memanfaatkan internet untuk mencari kebutuhan masayarakat, memperluas target pasar, dan menjalin hubungan dengan PT. Pegadaian. Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Sociopreneurship,UKM ( Usaha Kecil Menengah), PT. Pegadaian, Bank Sampah Pancadaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:31
Last Modified: 16 Feb 2023 07:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item