Analisis Isi Komentar Netizen Berita Covid-19 Pada Instagram Langgam.id

Zikra Mulyani, - (2022) Analisis Isi Komentar Netizen Berita Covid-19 Pada Instagram Langgam.id. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
ZIKRA MULYANI_1612010062_BAB 1 - CHICKBON CHANNEL.pdf

Download (481kB)
[img] Text (Bab II)
ZIKRA MULYANI_1612010062_BAB 2 - CHICKBON CHANNEL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
ZIKRA MULYANI_1612010062_BAB 3 - CHICKBON CHANNEL.pdf

Download (242kB)
[img] Text (Bab IV)
ZIKRA MULYANI_1612010062_BAB 4 - CHICKBON CHANNEL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ZIKRAMULYANI_1612010062_BABV-DAFTARPUSTAKA - CHICKBON CHANNEL.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ZIKRAMULYANI_1612010062_COVER,DLLNYA - CHICKBON CHANNEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
ZIKRAMULYANI_1612010062_FULLTEXT - CHICKBON CHANNEL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai dari flu hingga penyakit serius.Gejala umum berupa demam, batuk kering, dan sesak nafas. Langgam.id merupakan salah satu portal berita online yang memiliki fitur komentar yang menurut peneliti cukup banyak dikomentari oleh netizen. Di era media siber Langgam.id merupakan media yang membuat berbagai macam berita seputar Sumatera Barat. Salah satunya adalah berita terkait Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan situasi, peristiwa atau fenomena yang terjadi secara aktual. Dengan menggunakan metode analisis Van Djik yang terfokus pada kontek makro,tedapat tiga dimensi yaitu teks, kognisi sosial dan konteks sosial lalu peneliti mengumpulkan berita serta komentar netizen yang bersangkutan dengan berita covid-19. Setelah data peneliti dapatkan selanjutnya akan dianalisis untuk mengetahui bagaiamana komentar netizen baik positif atau negatif. Peneliti memperoleh hasil bahwa dalam menganalisis isi komentar netizen berita covid-19 pada instagram langgam.id. pada teks terdapat 3 bagian didalamnya diantaranya struktur makro, superstruktur,struktur mikro. Struktur makro dengan makna global dari suatu teks yang diamati tema oleh suatu teks. superstruktur, alur pada berita covid-19 pada Instagram Langgam.id teks tersusun sehingga berntuk berita mudah dipahami dan dimengerti pembaca, sedangkan pada struktur mikro, makna lokal pada teks berita tersampaikan dengan pilihan kata, dan kalimat yang dipakai pada teks berita covid-19. Pada kognisi dan konteks sosial, berita covid-19 telah disajikan.dengan sajian yang sudah layak disebarluaskan kepada pembaca sehingga ,memberikan dampak respon positif atau negative melalui halaman komentar di instagram Langgam.id. Peneliti memperoleh sembilan berita komentar positif dan enam berita komentar negatif dari 15 berita Warganet juga terlihat menerima informasi secara baik dan maksud yang dituju dari berita sampai dengan baik sehingga pesan yang dilayangkan sampai maksud dan mudah dimengerti. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > komunikasi dan ilmu komunikasi, komunikasi massa dan kegagalan komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:05
Last Modified: 06 Feb 2023 07:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11578

Actions (login required)

View Item View Item