Retorika Dakwah Ustadz Adi Hidayat Lc., MA Di Youtube

Nurainun Rambe, - (2022) Retorika Dakwah Ustadz Adi Hidayat Lc., MA Di Youtube. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Nurainun Rambe_1812010042_Bab I - Nurainun Rambe.pdf

Download (727kB)
[img] Text (BAB II)
Nurainun Rambe_1812010042_Bab II - Nurainun Rambe.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
Nurainun Rambe_1812010042_Bab III - Nurainun Rambe.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
Nurainun Rambe_1812010042_Bab IV - Nurainun Rambe.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
Nurainun Rambe_1812010042_Bab V-Daftar Pustaka - Nurainun Rambe.pdf

Download (561kB)
[img] Text
Nurainun Rambe_1812010042_Cover dll - Nurainun Rambe.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Nurainun Rambe_1812010042_Fulltext - Nurainun Rambe.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Munculnya da’i bernama ustadz Adi Hidayat yang sedang naik daun pada tahun 2019 di berbagai media sosial salah satunya youtube. Ustadz Adi Hidayat sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dikarenakan video ceramahnya tersebar luas di media sosial ataupun televisi. Kepandaian Retorika ustadz Adi Hidayat dalam menyapaikan dakwah menjadikannya terkenal lebih cepat dengan ciri khas dakwahnya yang lemah lembut dan bisa menyentuh hati pendengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ethos, pathos dan logos dalam dakwah yang dilakukan ustadz Adi Hidayat di youtube. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian analisis isi kualitatif (content analysis). Teknik analisis data yang dilakukan berupa mengidentifikasi etos, pathos dan logos di dalam video ceramah ustadz Adi Hidayat, lalu mengklasifikasikan dan menyimpulkan hasil. Adapun teknik pengumpulan data dengan mencari objek yang akan diteliti di youtube,menyeleksi video, menonton, mendengarkan dan menulis transkip video ceramah ustadz Adi Hidayat. Kemudian mengidentifikasi ethos, pathos dan logos serta menganalisis dan menyimpulkannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor ethos ustadz Adi Hidayat dalam dakwahnya terdapat unsur karakter rendah hati tidak memerintahkan orang lain ketika berdakwah, bijaksana menyelesaikan suatu persoalan dengan tenang, humoris menyampaikan sesuatu dengan pembawaan yang lucu, santun dalam memberi pendapat dengan tutur kata yang baik. Intelegensi terletak pada pemahamannya terhadap isi Al–Qur’an dalam menyelesaikan persoalan.Pengetahuan yang luas beliau ialah mengaitkannya dengan pengetahuan lain. Niat baik memberikan nasihat dalam mencegah kemungkaran. Kepribadian yang terpercaya terlihat dari perbuatan yang dilakukan sesuai perkataanya dan memiliki status yang terhormat dilihat dari latar belakang kehidupannya. Faktor pathos ustadz Adi Hidayat terlihat dari himbauan emosional yang di munculkan audiens dari rasa bahagia ketika ustadz Adi Hidayat menggunakan humor, sedih dan terharu saat penyampaian dengan bahasa lembut yang menyentuh hati, dan kata – kata motivasi yang disampaikan timbul rasa semangat audiens untuk melakukannya. Sedangkan faktor logos ustadz Adi Hidayat ditemukan ketika menyampaikan argumen dengan bahasa yang jelas dan dikuatkan dengan bukti –bukti logis berlandaskan dari Al –Qur’an, hadist serta kisah – kisah nyata. Kata Kunci : Dakwah; Youtube; Ustad Adi Hidayat Lc

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:07
Last Modified: 06 Feb 2023 04:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item View Item