Efek Pesan Media Magdalene.co pada Aktivis Perempuan Aksi Kamisan Padang

Alif Ilham Fajriadi, - (2022) Efek Pesan Media Magdalene.co pada Aktivis Perempuan Aksi Kamisan Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Alif Ilham Fajriadi_1712010033_Bab I - Suara Kampus.pdf

Download (238kB)
[img] Text (Bab II)
Alif Ilham Fajriadi_1712010033_Bab II - Suara Kampus.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
Alif Ilham Fajriadi_1712010033_Bab III - Suara Kampus.pdf

Download (140kB)
[img] Text (Bab IV)
Alif Ilham Fajriadi_1712010033_Bab IV - Suara Kampus.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
Alif Ilham Fajriadi_1712010033_Bab V-Daftar Pustaka - Suara Kampus.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Alif Ilham Fajriadi_1712010033_Cover,dll - Alif Ilham Fajriadi.pdf

Download (418kB)
[img] Text (Fulltext)
Alif Ilham Fajriadi_1712010033_Fulltext - Alif Ilham Fajriadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasari oleh komunikasi massa memiliki kekuatan sosial untuk dapat menggerakkan proses sosial ke arah suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Hal ini bisa dikatakan sebagai efek dari pesan yang disampaikan melalui komunikasi massa, salah satunya melalui media. Efek pesan media tersebut menurut Steven M. Chaffe juga terbagi menjadi tiga efek, yaitu jenis perubahan yang terjadi ada khalayak komunikasi massa berupa perubahan sikap,perasaan dan perilaku. Atau yang bisa dikenal dengan sebutan kognitif, afektif dan behavior. Untuk itu, melalui penelitian ini, penulis akan mengkaji tentang bagaimana efek pesan media yang ada di media magdalene.co pada aktivis perempuan di Aksi Kamisan Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendakatan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini terdapat tujuh aktivis perempuan di Aksi Kamisan Padang yang menjadi subjek penelitian, pemilihan subjek pada penelitian ini juga menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, untuk pengumpulan data pada penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Lalu, untuk pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan model interaktif analisis dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efek pesan media di magdalene.co itu membawa dampak dalam hal perubahan sikap, perasaan dan perilaku pada diri aktivis perempuan di Aksi Kamisan Padang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan perasaan usai membaca tulisan di magdalene.co, seperti perasaan geram, kesal,hingga kagum. Perubahan perasaan tersebut juga tergantung kepada jenis tulisan yang diterbtitkan oleh magdalene.co. Selain itu, para aktivis perempuan di Aksi Kamisan Padang itu juga melakukan teguran hingga perubahan dalam mengeluarkan candaan yang berujung kepada seksis, berdasarkan hasil wawancara penulis, perubahan sikap dan perilaku ini juga mereka dapati usai membaca tulisan di magdalene.co, karena ketika membacanya, mereka seperti mendapatkan ilmu baru dan ingin untuk meniru apa yang ditulis oleh magdalene.co. Selain itu, para aktivis perempuan di Aksi Kamisan Padang juga meyadari jika tulisan di magdalene.co tersebut bersifat informatif dan bermanfaat untuk diri mereka. Kata kunci : Komunikasi; Media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > komunikasi dan ilmu komunikasi, komunikasi massa dan kegagalan komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:24
Last Modified: 01 Feb 2023 06:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11460

Actions (login required)

View Item View Item