Pembinaan Nilai Karakter Peserta Didik di SMP Putra Perguruan Islam Ar Risalah

Syukri, Ferman (2022) Pembinaan Nilai Karakter Peserta Didik di SMP Putra Perguruan Islam Ar Risalah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
SYUKRI FERMAN_1820010028_Cover, pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar,daftar isi - arif rahman.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
SYUKRI FERMAN_1820010028_BAB I - arif rahman.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text
SYUKRI FERMAN_1820010028_BAB III - arif rahman.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text
SYUKRI FERMAN_1820010028_BAB V - arif rahman.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text
SYUKRI FERMAN_1820010028_Fulltext - arif rahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pembinaan Nilai Karakter Peserta Didik di SMP Putra Perguruan Islam Ar Risalah”, disusun oleh Syukri Ferman, NIM: 1820010028, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik. Pendidikan karakter akan membuat peserta didik menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah Swt serta memiliki akhlak yang baik dalam kehidupan sosial. Pendidikan karakter bisa dilakukan dimana saja, salah satunya di sekolah. Pendidikan nilai karakter di sekolah bisa dilakukan dalam bentuk pembinaan, dengan pembinaan yang dilakukan sehingga menghasilkan peserta didik yang bukan hanya unggul dalam bidang akademik tetapi juga bagus dari segi karakternya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pembinaan nilai Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Kelas, bentuk pembinaan nilai karakter peserta didik melalui kegiatan berbasis budaya sekolah dan bentuk pembinaan nilai karakter peserta didik melalui kegiatan asrama di SMP Putra Perguruan Islam Ar-Risalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yakni dengan menggambarkan objek penelitian sebagaimana adanya. Sebagai sumber data primer dalam penelitan ini adalah kepala sekolah, guru, pembina asrama dan peserta didik di SMP Putra Perguruan Islam Ar￾Risalah, kemudian sumber data sekunder adalah buku-buku yang relevan dengan penelitian penulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembinaan nilai karakter yang dilakukan guru melalui kegiatan kelas adalah terhadap nilai karakter religius, disiplin, peduli sosial, mandiri, jujur dan gemar membaca. Pembinaan nilai karakter yang dilakukan guru melalui budaya sekolah adalah terhadap nilai karakter bersahabat/komonikatif, religius, disiplin, tanggung jawab peduli sosial, peduli lingkungan, dan cinta tanah air. Pembinaan nilai karakter yang dilakukan guru melalui kegiatan asrama adalah terhadap nilai, religius, disiplin, gemar membaca, mandiri, toleransi dan bersahabat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Akhlak
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 19:52
Last Modified: 05 Oct 2022 19:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11287

Actions (login required)

View Item View Item