VEVI, GUSMIDA (2022) MANAJEMEN MADRASAH BERBASIS BOARDING SCHOOL DI MAN 2 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Vevi Gusmida_1814030039_COVER, dll - Vevi Gusmida.pdf Download (528kB) |
|
Text
Vevi Gusmida_1814030039_BAB I - Vevi Gusmida.pdf Download (292kB) |
|
Text
Vevi Gusmida_1814030039_BAB II - Vevi Gusmida.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
Text
Vevi Gusmida_1814030039_BAB III - Vevi Gusmida.pdf Download (242kB) |
|
Text
Vevi Gusmida_1814030039_BAB IV - Vevi Gusmida.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
|
Text
Vevi Gusmida_1814030039_BAB V-Daftar Pustaka - Vevi Gusmida.pdf Download (248kB) |
|
Text
Vevi Gusmida_1814030039_Fulltext - Vevi Gusmida.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan kemajuan pendidikan yang semakin pesat sehingga mempengaruhi akhlak dan moral peserta didik. Terkait dengan permasalahan tersebut, adanya madrasah berbasis Boarding School di MAN 2 Pesisir Selatan dapat menjadikan peserta didik lebih unggul baik dalam bidang akademik maupun keagamaannya. Untuk itu penulis meneliti terkait manajemen program Boarding School di MAN 2 Pesisir Selatan yaitu mengenai perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi program Boarding School. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perencanaan program Boarding School di MAN 2 Pesisir Selatan, 2) untuk mengetahui pelaksanaan program Boarding School di MAN 2 Pesisir Selatan, 3) untuk mengetahui evaluasi program Boarding School di MAN 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan dan Pembina Asrama. Teknik dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) perencanaan program Boarding School di MAN 2 Pesisir Selatan sudah tersusun berdasarkan perencanaan jangka panjang hafiz Al-Qur’an, akhlak yang mulia serta mampu bersaing terkait iptek maupun imtaq di tengah-tengah masyarakat. Jangka menengah kebersihan perkamar, roling, pelatihan ksm. Jangka pendek setoran hafalan, tadarus, muhadharah, forum annisa, shalat berjamaah di Mushalla, shalat sunah, puasa sunah dan tambahan belajar bidang akademik seperti mata pelajaran Sains, Matematika, Sejarah dan Bahasa Inggris. Sedangkan di bidang keagamaan seperti mata pelajaran Bahasa Arab, Fiqih, Al-qur’an Hadis dan SKI. 2) Pelaksanaan program Boarding School yaitu setoran hafalan dilakukan 2 kali seminggu, tadarus setiap hari, muhadharah setiap minggu, forum annisa setiap jumat, shalat berjamaah di Mushalla, shalat sunah, puasa sunah dan tambahan belajar bidang akademik seperti mata pelajaran Sains, Matematika, Sejarah dan Bahasa Inggris. Sedangkan di bidang keagamaan seperti mata pelajaran Bahasa Arab, Fiqih, Al-qur’an Hadis dan SKI yang pelaksanaannya 2 kali seminggu dua hari kelas X, dua hari kelas XI dan dua hari kelas XII sesuai dengan jadwalnya. 3) Evaluasi Boarding School di MAN 2 Pesisir Selatan, sesuai dengan target-target yang ada pada perencanaan. Program yang terealisasi di bidang akademik adalah siswa asrama banyak juara dikelas, terkuasai materi-materi dengan baik karena dapat tambahan belajar, terkuasai dalam berbahasa Arab. non akademiknya mampu hafiz qur’an 5 juz, berakhlak mulia, shalat berjamaah di Mushalla, puasa sunah dan shalat sunah, aktif di kegiatan ekstrakurikuler pramuka, osim dan paskibraka. Faktor pendukung program Boarding School yaitu, tersedianya wifi dan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya. Sedangkan dari faktor penghambatnya yaitu dari segi sumber dana, kurangnya kerja sama orang tua dengan madrasah dan adanya bentrok pada program Boarding School dengan ekstrakurikuler madrasah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:56 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10875 |
Actions (login required)
View Item |