DINAMIKA KEARIFAN LOKAL DI NAGARI TANJUNG BONAI AUR SELATAN 2013-2022 (Analisis Sejarah Terhadap Tradisi Mambantai Beradat )

Nurcolisa, Camela and Erman, Erman and Sandora, Lisna (2022) DINAMIKA KEARIFAN LOKAL DI NAGARI TANJUNG BONAI AUR SELATAN 2013-2022 (Analisis Sejarah Terhadap Tradisi Mambantai Beradat ). UNSPECIFIED thesis, Fakultas Adab dan Humaniora.

[img] Text
Camela Nurcolisa_1811020115_Bab I - Camela Nurcolisa.pdf

Download (644kB)
[img] Text
Camela Nurcolisa_1811020115_Bab II - Camela Nurcolisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
Camela Nurcolisa_1811020115_Bab III - Camela Nurcolisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Camela Nurcolisa_1811020115_Bab IV-Daftar Pustaka - Camela Nurcolisa.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Camela Nurcolisa_1811020115_Cover Dll - Camela Nurcolisa.pdf

Download (931kB)
[img] Text
Camela Nurcolisa_1811020115_Full Text - Camela Nurcolisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis tetang tradisi yang berkembang dalam masyarakat Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan. Dimana tradisi yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat dalam waktu yang sudah lama, akan tetapi dalam pelaksanaannya sudah banyak mengalami perubahan karena terjadi perkembangan zaman. Tradisi ini disebut dengan tradisi mambantai beradat yaitu: acara menyembelih kerbau akan memasuki bulan Ramadhan. Tradisi ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur serta untuk menjaga silarurahmi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah dari tradisi mambatai beradat di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi mambantai beradat di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, untuk mengetahui makna simbolik tradisi mambantai beradat di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan dan untuk mengetahui dinamika tradisi mambantai beradat di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang dilakukan dengan beberapa tahap: heuristik, kritik sumber, sintesis, dan penulisan. Pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan observasi lapangan, wawanacara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini penulis dapat mengemukakan bahwa tradisi mambantai beradat yang ada di Kenagarian Tanjung Bonai Aur Selatan yang diwarisi secara turun temurun, dilaksanakan oleh masyarakat secara rutin, akan tetapi sekarang sudah mengalami perubahan-perubahan dalam pelaksanaannya seiring dengan perkembangan zaman. Makna dari tradisi ini secara keseluruhan merupakan seuatu bentuk kegiatan memperingati kemenangan datuak onam boleh dalam perlawanan melawan Raja Singiang-ngiang di Rantau Kuantan dan juga untuk syukuran serta menjalin silaturahmi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Mambantai Beradat
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: ?? sch_ecs ??
Depositing User: Rusdin Zebua Pustakawan
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:11
Last Modified: 16 Sep 2022 02:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10753

Actions (login required)

View Item View Item