Dewi, Citra Kusuma (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SMP NEGERI 33 PADANG. Skripsi thesis, Universitas UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Citra Kusuma Dewi_1715040139_Bab1 - Citra Kusuma Dewi.pdf Download (341kB) |
|
Text
Citra Kusuma Dewi_1715040139_Bab2 - Citra Kusuma Dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
Text
Anisa Yurmanita_1815020033_BAB 3 - Cha Nesa27.pdf Download (388kB) |
|
Text
Citra Kusuma Dewi_1715040139_Bab4 - Citra Kusuma Dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text
Citra Kusuma Dewi_1715040139_Bab5-Dapus - Citra Kusuma Dewi.pdf Download (282kB) |
|
Text
Citra Kusuma Dewi_1715040139_Fulltext - Citra Kusuma Dewi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Citra Kusuma Dewi_1715040139_Cover,dll - Citra Kusuma Dewi.pdf Download (361kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan akademik yang dialami siswa yaitu tidak mampu mengelola secara efektif pengalaman belajarnya sendiri dalam mencapai hasil belajar yang kurang optimal dan tidak mendapatkan dukungan yang lebih dari orangtuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat dukungan sosial, tinggi tingkat self regulated learning, hubungan dukungan sosial dan self regulated learning pada siswa SMP Negeri 33 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi pearson product moment. Teori yang digunakan yaitu teori dukungan sosial dan teori self regulated learning. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 33 Padang dan sampel sebanyak 192 siswa kelas VII & VIII SMP Negeri 33 Padang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dari skala model 4 tingkat atau 4 pilihan jawaban yaitu skala dukungan sosial dan skala self regulated learning. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dukungan sosial siswa kelas VII & VIII berada pada kategori rendah sebanyak 31 siswa (16,15%), kategori sedang sebanyak 132 siswa (68,75%), dan kategori tinggi sebanyak 29 siswa (15,10%). Sedangkan self regulated learning berada pada kategori rendah sebanyak 30 siswa (15,63%), kategori sedang sebanyak 135 siswa (70,31%), dan kategori tinggi sebanyak 27 siswa (14,06%). Setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara dukungan sosial dan self regulated learning. Besar pengaruh self regulated learning pada siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HUBUNGAN SOSIAL |
Subjects: | Psicology Teology Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Armen Arfat Pustakawan |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:08 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:08 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10577 |
Actions (login required)
View Item |