PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM IPS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 BATANG ANAI

Vigia Rukmini, Gia (2018) PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM IPS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 BATANG ANAI. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Full Text (file gabungan))
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Vigia Rukmini, NIM 131409025 Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Di Laboratorium IPS dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Batang Anai. Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan laboratorium IPS di SMA Negeri 1 Batang Anai. Peoses pembelajaran sejarah yang dilalukan dilaboratorium IPS didukung oleh beberapa media pembelajaran sejarah. Keberadaan Laboratorium IPS di SMAN 1 Batang Anai menimbulkan Persepsi peserta didik terhadap laboratorium IPS di SMAN 1 Batang Anai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum Laboratorium IPS SMAN 1 Batang Anai,Proses Pembelajaran Sejarah Dilaboratorium SMAN 1 Batang Anai, Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran di laboratorium IPS dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Batng Anai. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian adalah Pendidik Sejarah, Peserta Didik, Kepala Sekolah, Wakil Sarana Prasana dan Ketua Laboratorium IPS.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Laboratorium IPS SMAN 1 Batang Anai berdiri pada tahun 2015 yang didirikan oleh Ibu Ismeri Sastra yang saat itu menjabat sebagai guru geografi di SMAN 1 Batang Anai. Laboratorium ini merupakan laboratorium IPS pertama yang didirikan di kabupaten Padang Pariaman. Laboratorium IPS ini dibangun karena pada saat itu antusias peserta didik belajar di kelas mulai berkurang, untuk itu perlu ada pembaharuan dalam pembelajaran IPS..Penelitian ini penulis lebih memfokuskan terhadap pembelajaran sejarah. Yang meliputi : rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kegiatan pembelajaran, instrument penilaian.Penggunaan laboratorium IPS dalam pembelajaran sejarah cukup baik karena didukung oleh tersedianya jenis-jenis media belajar seperti: gambar, buku paket sejarah, video, power point, mapmapping, miniature, globe dan peta. Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran di laboratorium IPS sangat antusias karena membuat peserta didik lebih nyaman apalagi didukung dengan media pembelajaran sejarah. Peserta didik juga antusias belajar dilaboratorium IPS karna pembelajaran sejarah di laboratorium IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pembelajaran dilaboratorium IPS juga membuat kita lebih nyaman karna letak laboratorium IPS yang dibelakang membuat kita tidak terganggu oleh bunyi kereta api atau kendaraan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 03:25
Last Modified: 25 May 2018 03:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item