PENDIDIKAN ISLAM DI SURAU MANGGI KAMBANG PESISIR SELATAN PADA TAHUN1955-2000

Kaminus, Kaminus (2018) PENDIDIKAN ISLAM DI SURAU MANGGI KAMBANG PESISIR SELATAN PADA TAHUN1955-2000. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Full text (file gabungan))
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “ Pendidikan Islam di Surau Manggi Kambang Pesisir Selatan pada abad ke XX” yang ditulis oleh Kaminus, NIM. 131409240 Jurusan T-IPS (Sejarah) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2017-2018. Permasalahan dalam penelitian ini: batasan temporal tahun 1955-2000, batasan spasial: difokuskan di Surau Manggi Kanagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang, di surau Manggi yaitu Pendidikan Islam di Surau Manggi, batasan tematis: bagaimana gambaran umum Kanagarian Kambang Utara, bagaimana latar belakang berdirinya surau Manggi, bagaimana pendidikan Islam di Surau Manggi dari tahun 1955-2000. Yang menjadi tujuan utama penelitian, untuk mengetahui gambaran umum Kanagarian Kambang Utara, untuk mengetahi sejarah berdirinya Surau Manggi, Untuk mengetahui pendidikan Islam di Surau Manggi dari tahun 1955-2000. Untuk menjawab permasalahan penelitian, metode yang digunakan adalah metode sejarah yang terdiri dari: Heuristik, penulis berusaha mengumpulkan data baik data primer maupun data sekunder. kritik sumber, pengkritikan baik dari segi intern maupun ekstern. Selanjutnya analisis data dan interpretasi data yaitu memberikan penafsiran terhadap sumber atau fakta yang telah ditemukan. Historigrafi adalah tahap akhir dalam metode penelitian sejarah. Dalam hal ini penulis akan berusaha semampu mungkin memaparkan hasil penelitian dalam bentuk tulisan karya ilmiah atau skripsi. Merupakan proses penulisan laporan hasil penelitian sejarah. Artinya suatu hasil penyelidikan tidak pernah ada kalau ia tidak ditulis atau dituangkan dalam bentuk penulisan atau laporan Dari hasil penelitian ditemukan, Surau Manggi didirikan oleh masyarakat Kanagarian Kambang Utara yang dipelopori oleh Angku Pulau tahun 1955 dengan tujuan untuk dijadikan tempat ibadah bagi masyarakat, tempat belajar ilmu-ilmu agama dengan tujuan untuk mencerdaskan anak anak khususnya di Kanagarian Kambang Utara tidak terkecuali para orang tua juga dipersilahkan untuk belajar di Surau ini. Ilmu ilmu yang diajarkan di sana: ilmu baca Al-Qur`an, tatacara berwuduk, tatacara shalat, penyelenggaraan jenazah, dan ilmu Tarekat Syattariyah. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode halaqah, setelah tahun 1970 Abu Nawas melakukan pembahruan terhadap metode pembelajaran di Surau Manggi yaitu mencampurkan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, resitasi dan hapalan, dikarenakan bertambahnya jumlah santri. Dampak dari berdirinya Surau Manggi sanagat dirasakan oleh anak anak di Kanagarian Kambang Utara mereka dapat belajar ilmu-ilmu agama dan bagi masyarakat yaitu selain mereka gunakan untuk tempat beribadah masyarakat juga dapat menggunakannya sebagai tempat bermusyawarah, sebagai tempat tidurnya bagi anak laki laki dan orang duda sekaligu tempat belajarar ilmu agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 02:51
Last Modified: 05 Jul 2018 02:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item