Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam dan Implementasinya di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan Kabupaten Padang Pariaman

ERI PENYAJIAN, - (2018) Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam dan Implementasinya di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAN.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, yang menerapkan konsep pemikiran al-Ghazali, yakni konsep yang memadukan antara mata pelajaran agama dengan mata pelajaran umum, baik itu ditinjau dari aspek Tujuan pendidikan, Kurikulum pendidikan, Metode pembelajaran dan Sifat-sifat pendidik pada pesantren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah implementasi tujuan pendidikan Islam menurut al-Ghazali, implementasi kurikulum, implementasi metode pembelajaran dan implementasi sifat-sifat pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pemikiran al-Ghazali tentang pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan dalam aspek tujuan pendidikan, kurikulum, metode dan sifat-sifat pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan konsep pemikiran alGhazali mengenai pendidikan Islam, pimpinan pondok, pengurus, pendidik dan peserta didik di area Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi lalu diproses melalui analisis kualitatif mulai dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berhasil menemukan konsep pemikiran Al-Ghazali dalam beberapa aspek pendidikan yang kemudian di implementasikan dalam kegiatan di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, diantaranya ialah: (1) Aspek tujuan pendidikan Islam, yakni tercapainya kesempurnaan insani yang bermuara pada pendekatan diri kepada Allah swt., bermuara pada kebahagiaan dunia dan akhirat, serta menjadi ulama yang sempurna dan diredhoi oleh Allah swt. Implementasinya ialah ulama menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah dan rasul-Nya, serta menjadi tauladan bagi jama’ah atau murid-muridnya. (2) Aspek kurikulum, mengimplementasikan latihan muhadarah setiap selesai sahalat berjama’ah dan pengklasifikasian antara ilmu wajib (ilmu fiqh), ilmu sunnah (ilmu pertanian), ilmu makruh (ilmu filsafat) dan ilmu haram (ilmu sihir/guna-guna). (3) Aspek metode pembelajaran, mengimplementasikan pengulangan (mujahadah), latihan (riadhah), cerita, kisah, ceramah, tanya jawab dan halaqah. (4) Aspek sifat-sifat pendidik, yakni pendidik tidak digaji. Implementasinya ialah pendidik mencerminkan sifat yang tauladan, penyayang, berilmu, mengamalkan ilmu, ifdak binafsihi dan taat beribadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:24
Last Modified: 13 Nov 2019 02:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6776

Actions (login required)

View Item View Item