ZULFAHMI, - (2018) Fungsi Sosil Majlis Ta'lim Bagi Masyarakat Pancahan Baru. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER. PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (998kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (383kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul tentang “Fungsi Sosial Majlis Ta’lim Bagi Masyarakat Pancahan Baru Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman”. Melihat keberadaan Majlis Ta’lim dalam era globalisasi saat ini tentunya menjadi sangat penting, karena mengingat kuatnya dampak negatif dari globalisasi itu sendiri dan arus yang masuk begitu mudah diakses tak terbendung. Kedudukan Majlis Ta’lim sebagai sebuah lembaga pendidikan non-formal mempunyai fungsi yang sangat besar, selain sebagai wadah kembalinya umat Islam khususnya kaum ibu-ibu untuk membina diri, menjalin silaturahmi dan menimba ilmu agama dalam rangka membentuk insan yang mulia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan Majlis Ta’lim di masyarakat Pancahan Baru; (2) Apa saja manfaat Majlis Ta’lim bagi masyarakat Pancahan Baru; dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan Majlis Ta’lim di Pancahan Baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan yang dilakukan oleh Majlis Ta’lim Pancahan Baru ini dapat digolongkan ke dalam dua aspek. Pertama, dari segi sosialnya, ibu-ibu Majlis Ta’lim ini melakukan kegiatan yakni membantu masyarakat dalam acara pernikahan, acara 17 Agustus, membantu yang terkena musibah, goro bersama dan menyediakan peralatan untuk perayaan pernikahan, peralatan memasak, perabot RT dan lain sebagainya. Kedua, dari segi keagamaannya, seperti kegiatan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama, yasinan, tahlil, doa dan penyelenggaraan jenazah. Di samping itu juga mengadakan pengajian/ ceramah agama yang dilakukan dalam t iga bentuk pengajian. Ada pengajian kecil, dilaksanakan satu kali sepekan; kemudian pengajian sedang, satu kali tiga bulan; dan pengajian besar, dilaksanakan dalam satu kali setahun. (2) Adapun manfaat Majlis Ta’lim bagi masyarakat Pancahan Baru ini adalah selain sebagai sarana meningkatkan pengetahuan agama, juga sebagai wadah dalam membantu warga masyarakat yang berada digaris ketidakmampuan serta menjadi media dalam mengikat solidaritas bersama. (3) Faktor pendukung Majlis Ta’lim Pancahan Baru ini adalah adanya motivasi agama yang kuat dalam masyarakat, kondisi lingkungan masyarakat yang bersahabat dan lebih memudahkan ibu-ibu ta’lim melaksanakan kegiatannya di rumah-rumah anggota ta’lim daripada di Masjid. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana dalam proses kegiatan dengan kondisi rumah yang sempit, tidak ada pengeras suara (microfon), minimnya pemateri ceramah dan pengaruh media lainnya. Kata Kunci: Fungsi Sosial, Majlis Ta’lim, Pancahan Baru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama |
Depositing User: | Users 35 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 02:44 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 02:44 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6656 |
Actions (login required)
View Item |