KERUKUNAN HIDUP BERAGAMA SISWA-SISWI SMP NEGERI I SUNGAI AUR

NILA HASTUTI, - (2018) KERUKUNAN HIDUP BERAGAMA SISWA-SISWI SMP NEGERI I SUNGAI AUR. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER. PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (KERUKUNAN HIDUP BERAGAMA SISWA-SISWI SMP NEGERI I SUNGAI AUR)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kerukunan Hidup Beragama Siswa-Siswi SMP N I Sungai Aur. Disusun oleh Nila Hastuti BP 1415010247, Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa SMP Negeri I Sungai Aur merupakan sekolah umum dan siswa-siswinya tidak hanya yang beragama islam melainkan juga ada Khatolik dan Protestan. Mereka berbaur dan berinteraksi antara yang satu dengan yang lain tanpa membedakan agama yang dianut, kerukunan hidup beragama di sekolah ini terjalin secara baik. Kondisi di atas membuat daya tarik bagi penulis untuk dijadikan sebuah penelitian yang terkait dengan kerukunan hidup beragama siswa-siswi SMP Negeri I Sungai Aur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap terwujudnya kerukunan hidup beragama siswasiswi SMP Negeri I Sungai Aur. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa kerukunan hidup beragama di SMP Negeri I Sungai Aur tidak terlepas dari visi dan misi untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan dan budaya. Sedangkan misinya adalah mampu menjadikan siswa-siswa yang berguna bagi nusa dan bangsa, mengerti arti kebersamaan dan perbedaan, serta menumbuhkan sikap toleransi dan menghasilkan siswa-siswi yang disiplin serta mematuhi tata tertib guna menciptakan keadaan yang aman dan kondusif dalam pembelajaran. Kerukunan hidup beragama di SMP Negeri I Sungai Aur cukup baik hal ini terlihat dari pola interaksi siswa yang tidak pernah membedakan adanya perbedaan agama di antara mereka. Siswa saling menghargai kepercayaan masing-masing, siswa memiliki sikap yang baik dan senantiasa tercipta suasana yang baik dalam pergaulan siswa, di dukung oleh kompetensi guru serta lingkungan sekolah yang tidak menonjolkan simbol agama lain. Sedang faktor penghambat terwujudnya kerukunan hidup beragama siswa-siswi SMP Negeri I Sungai Aur adalah internal siswa yaitu munculnya dari dalam diri siswa itu sendiri karena kondisi siwa yang masih labil, dimana saat itu kondisi siswa mudah berubah keadaan perasaan dan kejiwaannya. pengaruh dari lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat. Dalam lingkungan keluarga seperti orang tua yang kurang memberikan pemahaman kepada anaknya tentang bagaimana menghormati dan menghargai kepercayaan orang lain, sedangkan dalam lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa yang kurang memperhatikan bagaimana siswa berbuat dan bertingkah laku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: Users 35 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:41
Last Modified: 07 Nov 2019 02:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item