Mekanisme Pembatalan Produk Tabungan Mabrur pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lubuk Sikaping

NURIMA FIARNI, - (2018) Mekanisme Pembatalan Produk Tabungan Mabrur pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
Cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
full dokumen.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah yang dibahas yaitu karena masa tunggu haji di Indonesia sudah dikategorikan sangat lama dan tergantung pada jumlah pendaftaran atau kuota jamaah yang berangkat tiap tahun. Penetapan masa tunggu atau lamanya keberangkatan nasabah calon jamaah haji tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri di Lubuk Sikaping untuk pendaftaran di tahun 2018 ini yaitu 15 tahun. Akibat lamanya masa tunggu ini banyak nasabah yang gagal berangkat ketanah suci. Apabila nasabah yang mendaftar di usia lanjut maka sangat banyak resiko yang akan terjadi pada tahun sebelum mereka diberangkatkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mekanisme pelaksanaan pembatalan produk Tabungan Mabrur apabila sewaktu-waktu nasabah membatalkan ibadah hajinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun sifat dari penelitian ini adalah deskriptif. Oleh karena itu, untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis melakukan studi dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi menggunakan data-data pendukung yang didapat dari buku bacaan, buku agenda kegiatan dan internet serta wawancara untuk bahan pustaka yang memuat kajian masalah yang diteliti, responden yaitu Customer Service pada Bank Syariah Mandiri KC Lubuk Sikaping. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama: Alasan mengapa nasabah membatalkan tabungan mabrurnya yaitu karena hal-hal yang memungkinkan nasabah tidak dapat berangkat haji seperti nasabah meninggal dunia, nasabah memiliki penyakit yang sangat parah dan nasabah yang membatalkan karena keadaan ekonomi yang mendesak. Kedua: Mekanisme pembatalan produk tabungan mabrur nasabah yang membatalkan ibadah hajinya harus melapor kepada pihak bank dengan melengkapi persyaratan pembatalan tabungan mabrurnya sesuai dengan alasan dan surat keterangan pembatalan. Kemudian nasabah harus melaporkan pembatalan keberangkatan hajinya dengan membawa persyaratan yang sama ke Departemen Agama dan selanjutnya diproses oleh Kementrian Agama Pusat untuk dicairkan dana nasabah pembatalan ibadah haji dengan masa tunggu kurang lebih tiga bulan. Kata kunci : Pembatalan, Tabungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syari'ah
Depositing User: Users 24 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:32
Last Modified: 22 Oct 2019 07:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item