MIFTAHUL HUSNA, -- (2018) Pelaksanaan Pembiayaan Usaha Warung Mikro dan Restrukturisasinya pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Padang. TA thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
cover, persetujuan, dan abstrak.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (461kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Download (284kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
GABUNGAN KESELURUHAN..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk memberitahukan kepada nasabah bagaimana pelaksanaan pembiayaan usaha warung mikro pada Bank Syariah Mandiri dan bagaimana bank menanggulangi nasabah jika terjadi wanprestasi atau nasabah kesulitan dalam membayar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Bank Syariah Mandiri Kantor Area Padang dalam memberikan pembiayaan usaha warung mikro kepada nasabah bagaimana restrukturisasi yang dilakukan oleh bank dalam pembiayaan tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan sumber data berasal dari wawancara secara langsung dengan bagian mikro Bank Syariah Mandiri Area Padang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan pembiayaan usaha warung mikro nasabah terlebih dahulu harus mengajukan permohonan dan melengkapi berkas yang diminta oleh bank, setelah berkas lengkap maka bank akan melakukan BI Checking dan survei kelapangan. Setelah bank melakukan BI Checking, maka pembiayaan tersebut diajukan kepada komite, jika komite setuju maka penandatanganan akadpun dapat dilakukan, dan nasabah bisa menerima dana dari pembiayaan tersebut. Jika suatu saat pada masa pembiayaan nasabah mengalami kesulitan atau nasabah wanprestasi maka bank akan melakukan penanganan dalam rangka membantu nasabah dalam membayar angsuran salah satunya dengan cara resrukturisasi. Restrukturisasi yaitu usaha yang dilakukan bank dalam rangka membantu nasabah agar bisa membayar angsuran pembiayaan. Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Padang ada dua cara restrukturisasi yang dilakukan, yang pertama dengan cara menambah jangka waktu pembiayaan dan yang kedua dengan cara Ballon Payment yaitu bank melakukan pengurangan angsuran sampai nasabah bisa membayar angsuran dengan normal kembali. Kata Kunci: Pembiayaan, Usaha Warung Mikro, Restrukturisasi
Item Type: | Thesis (TA) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Users 24 not found. |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 08:53 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 08:53 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6371 |
Actions (login required)
View Item |