Analisis Kepuasan Mustahik Badan Amil Zakat Kota Padang(Studi Kasus Baznas Kota Padang)

AULIA RAHMI, - (2018) Analisis Kepuasan Mustahik Badan Amil Zakat Kota Padang(Studi Kasus Baznas Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
KOVER PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB I)
7 BAB I.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (BAB II)
8 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text (BAB III)
9 BAB III.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (BAB IV)
10 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (BAB V)
11 BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pengumpulan dan pemberdayaan zakat, Indonesia memiliki potensi yang cukup besar, terutama di BAZNAS Kota Padang yang telah menjadi acuan bagi BAZNAS lain dalam pengumpulan zakatnya. Dalam pendistribusian dana tersebut BAZNAS memiliki berbagai program, salah satunya program Padang Sejahtera. Dengan tingginya pengumpulan dana zakat di BAZNAS Kota Padang tersebut, penulis ingin mengetahui kepuasan Mustahik dalam penerimaan dana zakatnya terkhususnya dalam program Padang Sejahtera. Kepuasan pelanggan adalah perbandingan antara kinerja yang diharapkan oleh pelanggan dibandingkan dengan kinerja aktual yang dirasakan pelanggan. Ketika kinerja aktual lebih tinggi dibandingkan dengan harapan pelanggan maka pelanggan merasakan puas dan sebaliknya. Begitu besarnya pengaruh kepuasan bagi perusahaan, menjadi suatu tantangan besar bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Dimana perusahaan jasa yang produknya berupa jasa sangat mengandalkan kualitas pelayanan untuk memuaskan pelanggannya. Agar dapat bersaing perusahaan jasa harus mampu menciptakan kualitas pelayanan yang baik untuk tetap bisa mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan Mustahik di BAZNAS Kota Padang. Penelitian ini berjenis penelitian asosiatif merupakan penelitian yang digunakan untuk mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Pengambilan sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 95 Mustahik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Hasilnya di dapat bahwa dimensi pelayanan secara keseluruhan, kesesuaian antara pelayanan yang diberikan BAZNAS Kota Padang dengan harapan mustahik terdapat GAP atau tingkat kepuasan sebesar -0.44, skor ini dikategorikan dalam kelompok rendah , sehingga pelayanan di BAZNAS Kota Padang masih perlu memperbaiki pelyanan-pelayanannya. Pada hasil Importance Performance Analysis dari 5 dimensi kualitas pelayanan, Kuadran A terdapat 1 dimensi kualitas pelayanan, yang menjadi prioritas utama namun kinerjanya kurang yaitu dimensi daya tanggap. Kuadran B terdapat 2 dimensi kualitas pelayanan, yang dinilai sudah sesuai dengan harapan pelanggan yaitu dimensi wujud fisik dan kepedulian. Kuadran C terdapat 2 dimensi kualitas pelayanan, yang dinilai kinerjanya sudah sangat tinggi, dengan harapan konsumen rendah yaitu dimensi jaminan dan keandalan. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan Muzakki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 24 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:29
Last Modified: 26 Sep 2019 06:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item