Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Memanfaatkan Labor Virtual Menggunakan Aplikasi PhET pada Kelas X MAN

LISA SAGITA, - (2018) Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Memanfaatkan Labor Virtual Menggunakan Aplikasi PhET pada Kelas X MAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img] Text (FILE GABUNGAN)
SKRIPSI FULL LISA SAGITA (1414080005).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lisa Sagita. 1414080005. PengembanganLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Memanfaatkan Labor Virtual Menggunakan Aplikasi PhET (Physic Education Tecnology) pada Kelas X MAN. Skripsi. Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang memahami materi fisika karena kurangnya pemahaman konsep awal peserta didik mengenai materi fisika. Keterampilan berpikir peserta didik yang jarang dilatih untuk memahami konsep fisika lebih dalam, dan kurang diberikannya pengalaman langsung melalui praktikum kepada peserta didik. Penggunaan bahan ajar seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu dikembangkanlah LKPD berbasis inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan labor virtual menggunakan aplikasi PhET. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan labor virtual menggunakan aplikasi PhET (Physic Education Tecnology) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi penjumlahan vektor dan gerak parabola sehinggalayakdigunakandalampembelajaran di MAN 3 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas LKPD diberikan kepada lima orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/kontruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas LKPD diberikan kepada dua orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik kelas X MAN 3 Padang dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas diberikan kepada 28 orang peserta didik kelas X MAN 3 Padang dinilai dari aspek motivasi belajar peserta didik. Hasil validasi diperoleh nilai 94,6 % (aspek materi), 91 % (aspek media), dan 95 % (aspek bahasa). Hasil praktikalitas pendidik diperoleh nilai 92,8 % (sangat praktis), praktikalitas peserta didik diperoleh nilai 81,87 % (sangat praktis). Hasil efektivitas diperoleh nilai 76,75 % (efektif) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian pengembangan dan analisis data telah dihasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan labor virtual menggunakan aplikasi PhET untuk materi penjumlahan vektor dan gerak parabola valid, praktis dan efektif. KataKunci : LKPD, Inquiri terbimbing, PhET, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:13
Last Modified: 19 Sep 2019 02:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6180

Actions (login required)

View Item View Item