KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK

SERI RAHMI, - (2018) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
cover,.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 Q watermark.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2 Q watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 Q watermark.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Q watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Q watermark.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka amy watermark.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
gabungan skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Batahan. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan siswa enggan bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 78. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pemahaman konsep siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Batahan yang belajar dengan model Pair Check lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa 2) mengetahui komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Batahan yang belajar dengan model Pair Check lebih tinggi daripada komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Batahan tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada semua kelas populasi. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA 2 Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep dan komunikasi . matematis siswa mengalami peningkatan. Setelah dilakukan analisis, skor ratarata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen yaitu 82,65 sedangkan kelas kontrol yaitu 76,28. Skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen yaitu 85,59 sedangkan kelas kontrol yaitu 78,84. Skor rata-rata nilai tes kelas eksperimen yaitu 84,12 sedangkan kelas kontrol yaitu 77,56. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen adalah 82%, sedangkan pada kelas kontrol 53%. Setelah dilakukan pengujian hipotesis untuk kemampuan pemahaman konsep diperoleh t hitung = 3,06 dan t = 1,64 dengan taraf kepercayaan 95%, sehingga t hitung > t tabel tabel , sedangkan hipotesis untuk kemampuan komunikasi matematis diperoleh t hitung = 3,24 dan t = 1,64 dengan taraf kepercayaan 95%, sehingga t hitung > t tabel tabel Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:26
Last Modified: 18 Sep 2019 07:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item