NOFRI MUHAMMAD IQBAL, - (2018) Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok dalam Mengatasi Kecanduan Game Online pada Peserta Didik SMA N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, persetujuan pembimbing, Abstrak.pdf - Published Version Download (371kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (499kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
Text (BAB IV)
bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text (BAB V)
bab V.pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (297kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
Full Gabungan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
“Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik SMA N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan” yang disusun oleh Nofri Muhammad Iqbal, NIM. 411.102, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi awal yang dilakukan di SMA N 2 Ranah Pesisir, terlihat bahwa peserta didik di sana masih banyak bermain handphone disaat jam mata pelajaran sedang berlangsung, sehingga tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru akibat sering bermain game online, sehingga membuat peserta didik sibuk dengan dirinya sendiri tanpa mempedulikan lingkungan sekitar, dan guru BK juga melihat hasil belajarnya yang rendah ketika menerima rapor semester peserta didik yang kecanduan game online terhadap hasil belajar yang mereka peroleh, guru BK juga melihat begitu besar pengaruh game online pada diri peserta didik, membuat guru BK tidak ingin berdiam diri, disini guru BK memberikan suatu layanan konseling kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksaan Layanan konseling kelompok Dalam Mengatasi Kecanduan game online Pada Peserta didik SMA N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Fokus penelitian adalah a. Perencanaan layanan konseling kelompok oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan game online pada peserta didik SMA N 2 Ranah Pesisir, b. Pelaksanaan layanan konseling kelompok oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan game online pada peserta didik SMA N 2 Ranah Pesisir c. Hasil pelaksanaan layanan konseling kelompok oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan game online pada peserta didik SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengujian keabsahan data adalah dengan uji kredibilitas, pengujian transferabilitas dan pengujian dependabilitas. Hasil penelitian adalah: Perencanaan layanan konseling kelompok adalah dilakukan dengan tiga tahap yaitu: menetapkan anggota kelompok, menentukan waktu pelaksanaan layanan dan melengkapi administrasi pelaksanaan layanan konseling kelompok; Pelaksanaan layanan konseling kelompok dilakukan melalui empat tahap yaitu: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap perpisahan atau pengakhiran; Hasil pelaksanaan layanan konseling kelompok yaitu menanyakan secara lasung kepada peserta didik atau melalui wawacara secara lisan tentang layanan konseling kelompok dan memberikan tidak lanjut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Perpus UIN IB Padang |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:12 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:12 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6093 |
Actions (login required)
View Item |