ANNISA DZAKIA, - (2018) Hubungan Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (304kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (291kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (116kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (97kB) |
|
Text (FIEL GABUNGAN)
SKRIPSI PDF LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Masalah penelitian ini berdasarkan data lapangan, di temukan melalui observasi dan wawancara dengan guru pembimbing/guru BK dan peserta didik bahwasanya yang sering dialami yaitu ketidak mandirian pada peserta didik, jika pergantian jam pelajaran, banyak peserta didik kurang mempersiapkan bahan- bahan bidang studi yang sesuai jadwal, justru jalan-jalan keluar kelas, tugas rumah (PR) yang diberikan oleh guru dikerjakan peserta didik dengan cara mencontoh pekerjaan teman, bahkan terkadang dikerjakan dikelas saat guru yang bersangkutan akan memulai proses belajar mengajar, pada saat ulangan/ujian kelihatan cemas, cenderung minta jawaban dari teman lain baik langsung maupun memakai HP, seakan mereka tidak percaya pada kemampuan diri mereka sendiri, Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian adalah apakah terdapat hubungan antara Efikasi diri dengan Kemandirian belajar Peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang. Berdasarkan hal itu batasan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Efikasi diri peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang (2) Kemandirian belajar peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang (3) Hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Efikasi Diri peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang (2) Kemandirian belajar peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang (3) Hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang yang berjumlah 610 peserta didik dengan sampel 86 peserta didik yang diambil melalui teknik Randoom Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket tentang kemandirian belajar. Data diolah dengan menggunakan Program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Penelitian ini menemukan bahwa (1) efikasi diri peserta didik SMAN 16 Padang tergolong sedang sebanyak 61 orang dengan persentase 70,9% (2) kemandirian belajar tergolong dalam kategori sedang sebanyak 51 orang dengan persentase 59,3 % (3) Dari hasil pengolahan data hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar di dapatkan bahwa rxy = 0,501 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 5% = 0,213 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Pada koefisien hubungan menunjukkan arah hubungan yang positif, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar peserta didik kelas X dan XI SMAN 16 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:04 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6084 |
Actions (login required)
View Item |