ARISKA DESY LESTARI, - (2018) Kompetensi Konselor dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Islami. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER, ABSTRAK)
Cover, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version Download (389kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (497kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (431kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (97kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis untuk menggali dan mengetahui kompetensi konselor yang mencakup 4 kompetensi konselor yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional akan tetapi untuk penelitian ini penulis hanya akan fokus dalam membahas tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial konselor saja, karena penulis sangat tertarik untuk menggali bagaimana kepribadian seorang konselor dan sosial konselor dalam perspektif Bimbingan dan Konseling Islami serta paradigma al-qur’an dan hadits terkait dengan kompetensi kepribadian konselor dan kompetensi sosial konselor tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi konselor dalam perspektif bimbingan dan konseling Islami? Adapun yang menjadi batasan masalahnya yaitu: 1) kompetensi kepribadian konselor dalam perspektif bimbingan dan konseling Islami. 2) kompetensi sosial konselor dalam perspektif bimbingan dan konseling Islami. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian konselor dalam perspektif bimbingan dan konseling Islami, kompetensi sosial konselor dalam perspektif bimbingan dan konseling Islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research).Sumber datanya yaitu diantaranya: Bimbingan dan Konseling berbasis kompetensi, psikologi konseling, pengembangan profesi Bimbingan dan Konseling, Tafsir Al Maraghi Juz I, Tafsir al Azhar juz XXV-XXVI, Tafsir AlMisbah, Kitab Mukhtashiirul Shahih Muslim. Data sekundernya yaitu sejumlah literatur yang relevan dengan judul ini. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Kompetensi kepribadian konselor dalam perspektif Bimbingan dan Konseling Islami adalah 1) Beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa, 2) Menghargai dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, individualitas, dan kebebasan memilih, 3) Menunjukan integritas dan stabilitas yang kuat, 4) Menampilkan kinerja berkualitas tinggi.berlandasan Al-qur’an terdapat dalam surat: Al-fathah ayat: 29, Al-ankabut ayat:45, Ar-ruum ayat: 30, At-tin ayat: 4-6, As-shaf ayat: 2-3, At-taubah ayat: 128, Al- maidaah ayat: 1, Al-azhab ayat: 19, Az-Zhumar ayat: 9, Kemudian dalam ayat ini menjelaskan sosok kepribadian yang baik guna di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sebab seorang konselor adalah cerminan bagi kliennya. Kompetensi sosial konselor dalam perspektif Bimbingan dan Konseling Islami adalah: 1) Mengimplementasikan kolaborasi intern ditempat kerja, 2) Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling, 3) Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi. Kompetensi sosial konselor yang berlandaskan Al-qur’an dan Hadits terdapat dalam surat, Al-Maidah ayat 2, Ali- Imran ayat 103, An-Nisa ayat 59, Al-An’am ayat 134-135. Hal ini selaras dengan kewajiban seorang konselor nantinya dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan indikator kompetensi sosial konselor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 06:30 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 06:30 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6063 |
Actions (login required)
View Item |