Hubungan Bimbingan Karir Dengan Kemandirian Pengambilan Keputusan Karir Di Kelas XII SMKN 4 Padang

IYA ANGGELINA, - (2018) Hubungan Bimbingan Karir Dengan Kemandirian Pengambilan Keputusan Karir Di Kelas XII SMKN 4 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Pengesahandan Abstrak.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
skripsi lengkap pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik SMKN 1 Padang, ditulis oleh Cici Aprisa NIM 1414030761 jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara peserta didik ketika belajar dalam kelas, kurang berani untuk mengemukakan pendapat, gugup, dan kurangnya kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum dan kurangnya keterampilan berbicara peserta didik tentu akan berdampak kepada proses belajar mengajar yang tidak efektif dan juga rendahnya prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di SMKN 1 Padang”. Batasan Masalah dalam penelitan ini adalah a) Perencanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di SMKN 1 Padang, b) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di SMKN 1 Padang, c) Hasil layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di SMKN 1 Padang. Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di SMKN 1. Dalam penelitian ini yang dilihat yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan hasil bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif penulis bermaksud ingin menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan tentang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik SMK Negeri 1 Padang. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, sumber data primer yaitu peserta didik SMKN 1 Padang, dan sumber data sekunder guru bimbingan dan konseling SMKN 1 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengolah data dalam penelitian ini teknik analisa deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara pengolahan data yang dirumuskan dalam bentuk kata-kata bukan angka-angka. Temuan penelitian mengungkap bahwa 1) Perencanaan layanan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah mengidentifikasi masalah, membentuk kelompok, menyusun jadwal kegiatan, menentukan tujuan yang akan dicapai, dan menentukan topic yang akan dibahas 2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilakukan dalam empat tahap, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran 3) hasil dari layanan bimbingan kelompok adalah dapat dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik,. Hal itu terlihat ketika bimbingan kelompok berlangsung dan juga setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok, sudah terdapat beberapa peserta didik yang sudah memiliki keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:19
Last Modified: 11 Sep 2019 06:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item