PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP PELAYANAN NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) PADANG BELAKANG OLO

MECI, LESTARI (2019) PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP PELAYANAN NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) PADANG BELAKANG OLO. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER , Pembimbing)
COVER DKK.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I OK.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (GABUNGAN)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Nilai-nilai Islam Terhadap pelayanan Nasabah di Bank Syariah Mandiri Padang Belakang Olo” Skripsi ini ditulis oleh Meci Lestari 1513060025 dalam rangka menuntaskan studi S1 pada jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa BSM secara konsisten menerapkan nilai-nilai Islam dalam meningkatkan pendapatan. Konsep ini diterapkan terhadap pelayanan nasabah, dengan pertimbangan bahwa nasabah yang puas akan pelayanan akan memilih lembaga yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip keadilan, prinsip kesederajatan dan prinsip kejujuran terhadap pelayanan nasabah di Bank Syariah Mandiri Padang Belakang Olo. Metodologi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan studi dokumentasi, analisis data yang digunakan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip keadilan tercermin dari transaksi keuangan, kesepakatan yang dilakukan untuk mematuhi perjanjian, pembiayaan yang sesuai dengan prosedur yang berlaku dan sistem bagi hasil yang dijalankan, sedangkan prinsip kesederajatan tercermin dalam bertransaksi, memberikan pelayanan yang sama, hak untuk memperoleh informasi pembiayaan, tidak membeda-bedakan yang berhak mendapatkan pembiayaan dan tidak membatasi permohonan pembiayaan sepanjang memenuhi persyaratan dan prinsip kejujuran tergambar dari transaksi yang dilakukan secara benar dan jujur, pembiayaan yang dilakukan sesuai akad, tidak menerima uang terimakasih dari pembiayan nasabah yang telah disetujui dan nasabah yang memperoleh pembiayaan melakukan pembayaran angsuran dan kewajiban bagi hasil dengan tepat waktu dan jujur Kata Kunci: Prinsip Keadilan, Prinsip Kesederajatan, Prinsip kejujuran dan Pelayanan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 23 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 13:22
Last Modified: 11 Mar 2020 13:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item