Wahyuni, Pristina (2019) PERANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI SMA NEGERI 1GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
COVER lengkap.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
Text (Bab II)
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text (Bab III)
BAB 3.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (Bab IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text (Bab V)
BAB 5.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text (Gabungan)
lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
Abstract
ABSTRAK Skrip ini berjudul “Peranan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Dan XI Di Perpustakaan SMA N 1 Gunung Talang Kabupaten Solok” di susun oleh Pristina Wahyuni, NIM 1511020114, Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam Konsentrasi Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Fakultas Adab UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi dari prestasi hasil belajar yang diraih oleh siswa kelas X dan XI dan peran perpustakaan sekolah terhadap prestasi hasil belajar siswa tersebut sebab prestasi hasil belajar dipengaruhi oleh faktor yang ada pada diri siswa dan dari luar diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di perpustakaan SMAN N 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitian ini dilakukan d sekolah SMAN N 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu serta menggambarkan fenomena secara detail. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berprestasi di kelas X dan XI yang berjumlah 63 orang, yang tersebar ke dalam 21 kelas. Dengan demikian teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa, terdapat peran perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMA N 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Hal ini didukung dengan beberapa faktor, antara lain 1) intensitas siswa dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan sekolah lebih tinggi pada panggunaan koleksi nonfiksi dari pada koleksi fiksi, 2) Siswa mengakui bahwa layanan perpustakaan sekolah masih kurang dirasakan oleh para siswa, 3) Intensitas siswa dalam memannfaatkan perpustakaan sekolah berdasarkan keseringan siswa berkunjung hanya 2 sampai 3 kali dalam satu minggu, 4) Suasana ruangan dan Perlengkapan perpustakaan SMA N 1 Gunung Talang Kabupaten Solok nyaman dan menyenangkan siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai penunjang prestasi belajar. Keyword : Peranan Perpustakaan, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 12:39 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 12:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/3939 |
Actions (login required)
View Item |