PEMASARAN PRODUK ASURANSI AXA MANDIRI MELALUI TELEMARKETING DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN ETIKA BISNIS ISLAM

Yunita, Nilvia (2019) PEMASARAN PRODUK ASURANSI AXA MANDIRI MELALUI TELEMARKETING DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
A. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK (PDF).pdf - Published Version

Download (936kB)
[img] Text (Bab I)
10 BAB I Nilvia Final.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Bab II)
11 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text (Bab III)
12 BAB III.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Bab IV)
13 BAB IV Nilvia Final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text (Bab V)
14 BAB V Nilvia Final.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (Gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN (PDF).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi iniberjudul “Pemasaran Produk Asuransi Axa Mandir iMelalui Telemarketing Ditinjaudari UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam”, ditulis oleh Nilvia Yunita, Nim. 1513030094 pada faku ltas Syari’ah Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh telemarketing yang memasarkan produk Asuransi dengan menggunakan media telepon tanpa bertatap muka. Dalam transaksi ini sering terjadi kesalahpahaman antara calon konsumen dengan pihak telemarketer, karena dalam transaksi ini pihak telemarketing mengganggap calon konsumen tersebut telah menyetujui untuk menjadi konsumen dan tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh pihak telemarketing, padahal calon konsumen tersebut tidak merasa menyetujui. Adapun pertanyaan :Pertama, bagaimana strategi telemarketing dalam memasarkan produk Asuransi? Kedua, bagaimana perlindungan konsumen terhadap telemarketing yang memasarkan produk Asuransi ditinjau dari UU No. 8 Tahun 1999 dan etika bisnis Islam?. Metode penelitian yang dilakukan: 1) Jenis penelitian yang digunakan field research (penelitian lapangan). 2) Teknik pengumpulan data dengan wawancara. 3) Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, bahwa calon konsumen dilindungi hak- haknya oleh Undang-undang Perlindungan Konsumen. Dalam Undang- undang Perlindungan Konsumen menyebutkan bahwa pelaku usaha harus beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya dan memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur. Dalam etika bisnis Islam Strategi telemarketing Axa Mandiri apabila ditinjau dari Prinsip-prinsip etika bisnis harus memperhatikan nilai-nilai moral dan etika dalam menjalankan pemasaran produknya. telemarketing pada saat menyampaikan informasi kepada konsumen harus jelas. Telemarketing harus memberikan ruang bagi konsumen apakah menerima atau menolak produk tersebut. Apabila konsumen menerima seharusnya konsumen diminta untuk memenuhi persyaratan administrasi dengan mendatangi langsung kantor AXA Mandiri sehingga dalam hal ini konsumen akan memperoleh informasi yang benar dan jelas terhadap produk tersebut. Hal ini perlu untuk menghindari terjadinya perselisihan dikemudian hari terutama yang menyangkut hak-hak konsumen yang terabaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari`ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 22 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:51
Last Modified: 11 Mar 2020 06:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item