Pengembangan media pembelajaran prezi berbantuan camstasia studio pada materi inti atim dan sumber-sumber energi

ABDUL AZIZ, - (2018) Pengembangan media pembelajaran prezi berbantuan camstasia studio pada materi inti atim dan sumber-sumber energi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER PERSE ABSTRAL.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (823kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran fisika yang sudah menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint, namun media power point hanya bisa digunakan oleh peserta didik ketika disekolah saja, hal ini disebabkan karena tidak semua peserta didik memiliki komputer atau laptop untuk mengakses media power point tersebut, dan media power point yang digunakan oleh pendidik kurang menarik bagi peserta didik, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang berminat untuk mengikuti proses pembelajaran fisika disekolah. Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran Prezi berbantuan Camtasia Studio, karena media yang dihasilkan bisa diakses di handphone, gadget sehinggaa peserta didik bisa belajar mandiri baik dirumah maupun disekolah. Batasan masalah penelitian ini adalah pendidik menhgajar sudah menggunakan media power point biasa, namun hanya bisa digunakan pada saat pembelajaran dan tidak nisa membuat peserta didik untuk belajar mandiri, dan kurangnya minat belajar peseta didik dalam pembelajaran fisika Rumusan masalah penelitian ini adalah : Apakah pengembangan media pembelajaran prezi berbatuan camstasia studio valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran menurut validator, pndidik mata pelajaran fisika dan peserta didik?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Prezi berbantuan Camtasia Studio yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4-D dengan tahapan definition, design, development dan dissemination. Uji validitas media pembelajaran dilakukan oleh 5 orang ahli/validator. Uji praktikalitas terhadap media pembelajaran dilihat dari lembar angket praktikalitas oleh pendidik IPA (Fisika) MAN 3 Solok dan 10 orang peserta didik XII IPA MAN 3 Solok. Uji efektifitas terhadap media pembelajaran dengan melihat minat belajar fisika peserta didik sebanyak 22 orang kelas XII IPA MAN 3 Solok menggunakan lembar angket efektifitas. Analisis data diperoleh hasil bahwa, media pembelajaran Prezi berbantuan Camtasia Studio yang dikembangkan telah memenuhi kualitas produk yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas yang diperoleh media pembelajaran fisika adalah 98,43 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji praktikalitas diperoleh nilai 88,38 dengan kategori sangat praktis dan layak digunakan. Berdasarkan uji efektifitas diperoleh nilai 84,31 dengan kategori efektif. Kata kunci: Media Pembelajaran, Prezi , Camtasia Studio, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Tadris IPA (Fisika)
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:48
Last Modified: 17 Jun 2019 03:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item