NAHDYA RAHMA DATHU, - (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantu Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di Kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Download (428kB) |
|
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab5.pdf - Published Version Download (99kB) |
|
Text
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah peserta didik yang hanya mampu memahami fisika secara abstrak dan matematis saja tanpa tahu hakekat dari fisika itu sendiri yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal ini menunjukkan rendahnya tingkat berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik. Perangkat pembelajaran yang digunakan belum dapat menunjang keterampilan berpikir kritis peserta didik dan belum terinovasi dengan model pembelajaran yang menunjang keterampilan berpikir kritis. Usaha untuk mengatasi permasalahan ini penulis mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dari peserta didik dengan berbantuan laboratorium virtual PhET Simulation. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis PBL berbantu laboratorium virtual PhET simulation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di MAN 2 Pesisir Selatan. Kelayakan perangkat pembelajaran PBL berbantu laboratorium virtual PhET simulation ditinjau dari aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah lima orang validator, dua orang pendidik fisika serta 41 orang peserta didik kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validitas, lembar praktikalitas dan soal tes. Uji validitas perangkat pembelajaran dilakukan oleh lima orang validator ahli, diantaranya dua orang ahli media, dua orang ahli materi dan satu orang ahli bahasa. Uji praktikalitas dilakukan dengan cara memberikan angket kepada dua orang pendidik fisika untuk melihat praktikalitas keterlaksanaan RPP dan praktikalitas penggunaan LKPD serta 20 orang peserta didik kelas XI untuk melihat praktikalitas penggunaan LKPD pada kelas eksperimen. Uji efektivitas dilakukan dengan cara memberikan soal tes kepada peserta didik untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL berbantu laboratorium virtual PhET simulation yang diterapkan di kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan telah valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Simulasi PhET, PBL, Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2019 06:33 |
Last Modified: | 16 Jun 2019 06:33 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2818 |
Actions (login required)
View Item |