DELVI MISWARI, - (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Web PHP (Hypertext Prepocessor) Tanpa Jaringan pada Materi Suhu, Kalor dan Teori Kinetik Gas. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (312kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (410kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (549kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) khususnya internet memberi peluang dalam perkembangan dunia pendidikan. Salah satunya media pembelajaran fisika berbantuan web PHP (Hypertext Prepocessor). Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Solok sudah terhubung wifi dan memiliki web yang dapat diakses oleh pihak madrasah. Jaringan wifi yang sudah tersambung di madrasah bisa dimanfaatkan madrasah menciptakan dunia belajar baru bagi peserta didik, dan membantu meningkatkan minat belajar peserta didik. Namun penggunaan wifi di madrasah dibatasi karena jika seluruh warga madrasah menggunakan wifi, maka wifi tidak dapat berfungsi secara maksimal. Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan ini yaitu adalah dengan mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan web PHP (Hypertext Prepocessor) tanpa jaringan pada materi suhu, kalor dan teori kinetik gas yang disiapkan oleh seorang pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran fisika berbantuan web PHP (Hypertext Prepocessor) tanpa jaringan pada materi suhu, kalor dan teori kinetik gas dengan kualitas produk valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas XI MAN. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (disseminate). Media pembelajaran fisika berbantuan web PHP tanpa jaringan ini diuji validitasnya oleh satu orang ahli bahasa, dua orang ahli materi, dua orang ahli media, diuji praktikalitasnya oleh empat orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik serta diuji efektivitasnya oleh 38 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket yang menggunakan skala likert dan dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbantuan web PHP tanpa jaringan sangat valid menurut lima validator dengan nilai rata-rata 91,06%. Media pembelajaran fisika berbantuan web PHP tanpa jaringan sangat praktis dari segi isi, sajian, manfaat, dan peluang penggunaan media pembelajaran menurut tiga pendidik fisika dengan nilai rata-rata 85% sedangkan menurut 15 peserta didik kelas XI MAN Kota Solok dengan perolehan nilai rata-rata 79,83%. Media pembelajaran fisika berbantuan web PHP tanpa jaringan efektif digunakan menurut 38 peserta didik kelas XI MAN Kota Solok dengan nilai rata-rata 83,80%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbantuan web PHP (Hypertext Prepocessor) tanpa jaringan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI di MAN Kota Solok. Kata Kunci: Media Pembelajaran Fisika, Web PHP (Hypertext Prepocessor) Tanpa Jaringan, Minat Belajar, Suhu, Kalor dan Teori Kinetik Gas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2019 06:31 |
Last Modified: | 16 Jun 2019 06:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2817 |
Actions (login required)
View Item |