Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Bilangan Peserta Didik Kelas II SDN 22 Kampung Luar Salido Painan

GESTI MAULI DAFNI, - (2018) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Bilangan Peserta Didik Kelas II SDN 22 Kampung Luar Salido Painan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
FILE FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul“Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Dan Pembagian Bilangan Peserta Didik Kelas II SDN 22 Kampung Luar Salido Painan” disusun oleh Gesti Mauli Dafni, NIM. 1314070534. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu pendidik belum menerapkan pendekatanpembelajaran yang bervariasi dan pendidik belum membawa peserta didik dalam situasi yang nyata dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut berdampak kepada rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik.Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakahpendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelasII SDN 22 Kampung Luar Salido Painan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran Matematika. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi, dan test. Analisis data berdasarkan penilaian hasil belajar kognitif peserta didik yang kriterianya dikatakan tuntas jika telah mencapai KKM dengan nilai 75. Hasil penelitian diperoleh data bahwa aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dari 54,3% menjadi 64% belum mencapai hasil yang ditargetkan (minimal 75%), hal ini disebabkan pendidik kurang maksimal dalam menjelaskan langkahlangkah pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) serta kurangnya pemanfaatan media ajar. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dari 23 orang peserta didik hanya 13 orang yang tuntas dan 10 orang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 71,3. Aktivitas peserta didik pada siklus II dari 75% menjadi 83,6% sudah mencapai hasil yang ditargetkan (minimal 75%), hal ini disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun sebelumnya serta sudah maksimalnya pemanfaatan media ajar yang digunakan.Hasil belajar peserta didik pada siklus II dari 23 orang peserta didik, 19 orang peserta didik yang tuntas, 4 orang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata 81,7. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 22 Kampung Luar Salido Painan pada pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:23
Last Modified: 12 Sep 2019 07:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item