UMMITUN HASANAH, - (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Alam Sekitar Sahabat Kita di Kelas V MIN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
cover_persetujuan pembimbing_abstrak.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (403kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (442kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (217kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dalam mengemukakan pertanyaan maupun pendapat dalam proses pembelajaran, peserta didik masih pasif serta kurang berinteraksi dengan peserta didik yang lain, dan peserta didik belajar masih dengan menghafal hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MIN 1 Padang Pariaman pada pembelajaran tematik yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikasi model Advance Organizer terhadap hasil belajar peserta didik pada tema Alam Sekitar Sahabat Kita di kelas V MIN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Group Pretest Postest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 1 Padang Pariaman. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V di MIN 1 Padang Pariaman. Peserta didik kelas V di MIN 1 Padang Pariaman berjumlah 16 orang. Jenis instrumen pada penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Berdasarkan analisis data penelitian, pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh t hitung = 4,86 dan t tabel = 2.13, karena t hitung > ttabel ( 4,86 >2,13) dengan = 0,05, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh perubahan hasil belajar peserta didik antara Pretest dan Posttest signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model Advance Organizer dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada tema Alam Sekitar Sahabat Kita di kelas V MIN 1 Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:55 |
Last Modified: | 27 May 2019 03:55 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2804 |
Actions (login required)
View Item |