Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum (Method Of Lab Work) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas III MIN Koto Panjang Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok

WAHYULIANA PUTRI, - (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum (Method Of Lab Work) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas III MIN Koto Panjang Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Cover Image

Download (189kB)
[img] Text
DAFTA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
pdfjoiner (3).pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran IPA dan masih rendahnya keterampilan proses sains peserta didik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya pembelajaran IPA masih belum sesuai dengan hakikat IPA yang sebenarnya, yaitu IPA sebagai produk, IPA sebagai proses, dan IPA sebagai pemupukan sikap, peserta didik cenderung menghafal, pendidik jarang melakukan kegiatan menemukan atau eksperimen yang seharusnya dilakukan pada pembelajaran IPA agar keterampilan proses sains peserta didik terasah. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode praktikum (Method Of Lab Work). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode praktikum (Method Of Lab Work) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains di kelas III MIN Kota Solok. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep peserta didik yang dapat dilihat melalui tes hasil belajar dan keterampilan proses sains yang dapat dilihat melalui lembar observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian Posttest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III semester II dengan jumlah peserta didik sebanyak 100 orang yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh kelas III.C sebagai kelas kontrol dan kelas III.A sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Hasil analisis data yang diperoleh adalah rata-rata hasil belajar IPA peserta didik di kelas eksperimen adalah 84,42 dan kelas kontrol 82,21. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung ˃ ttabel (2,43 ˃ 1,66). Maka keputusannya adalah H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan metode praktikum terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas III MIN Kota Solok. Keterampilan proses sains di kelas III MIN Kota Solok, diperoleh ratarata skor kelas eksperimen adalah 76,16 dan kelas kontrol 55,33. Meskipun perbedaan rata-rata nilai tes sangat tipis, yang membuktikan pengaruhnya tidak terlalu besar, namun metode praktikum membantu peserta didik untuk lebih mengasah keterampilan proses sains. Jadi kesimpulan yang diperoleh adalah penggunaan metode praktikum (Method Of Lab Work) tidak berpengaruh terlalu besar terhadap pemahaman konsep peserta didik, namun sangat baik dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas III MIN Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pgmi
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:18
Last Modified: 12 Sep 2019 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item