SITI RAHMA, - (2018) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Small Group Work Kelas III MIN 2 Solok Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (484kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (462kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (697kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (155kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu peserta didik dalam belajar kurang aktif, banyak peserta didik yang melakukan aktivitas lain pada saat pendidik menerangkan pembelajaran didepan kelas, banyaknya peserta didik keluar masuk dalam proses pembelajaran, pendidik belum menggunakan media yang menarik bagi peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan pendidik masih kurang bervariasi. Hal tersebut berdampak kepada rendahnya hasil belajar IPS peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Small Group Work dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik di kelas III MIN 2 Solok?. Batasan masalah pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Small Group Work di kelas III MIN 2 Solok Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III MIN 2 Kabupaten Solok dengan menerapkan model Small Group Work Pada Pembelajaran IPS. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data digunakan ialah observasi, dokumentasi, dan test. Analisis data berdasarkan penilaian hasil belajar kognitif peserta didik yang kriterianya dikatakan tuntas jika telah mencapai KKM dengan nilai 70. Dari hasil penelitian siklus I dan II, aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu: siklus I pertemuan I dan II yang memperhatikan penjelasan pendidik 59,1%, menjawab pertanyaan pendidik 54,6%, aktif dalam diskusi kelompok 54,6%, bekerja sama dalam kelompok 54,9%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang memperhatikan penjelasan pendidik 70,5%, menjawab pertanyaan pendidik 59,1%, aktif dalam diskusi kelompok 65,9%, bekerja sama dalam kelompok 70,5%. Sedangkan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I dari 22 peserta didik didik sebanyak 10 orang peserta didik atau yang dinyatakan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan 12 orang peserta didik atau yang dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata peserta didik 71,1%. Sedangkan hasil tes siklus II mengalami peningkatan dari 22 orang peserta didik sebanyak 20 orang peserta didik dinyatakan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan 2 orang peserta didik atau yang dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata peserta didik 84,5%. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model small group work dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik di kelas III MIN 2 Solok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:17 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:17 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2797 |
Actions (login required)
View Item |