Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MIN 1 Kota Pariaman

RIZA SUSANTI, - (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MIN 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
7 BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text
8 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
9 BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text
12 DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA peserta didik masih tergolong rendah, banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu 75. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA peserta didik, diantaranya pembelajaran IPA belum sesuai dengan hakikat IPA yang sebenarnya. Proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik, peserta didik kurang termotivasi untuk belajar IPA, pendidik belum optimal dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif dan pendidik jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA peserta didik menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe group investigation dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di kelas V MIN 1 Kota Pariaman. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif yang dapat dilihat melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V semester II dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh, diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Hasil analisis data diperoleh persentase aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen 78% yang tergolong kedalam kategori baik dan kelas kontrol 72% yang tergolong kedalam kategori cukup. Rata-rata hasil belajar IPA peserta didik di kelas eksperimen adalah 74,25 dan kelas kontrol 64,66. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel ( >1.68). Keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pembelajaran konvensional di kelas V MIN 1 Kota Pariaman. Jadi kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe group investigation dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 1 Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:16
Last Modified: 12 Sep 2019 07:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item