PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IVA MIN 7 PESISIR SELATAN

RAHMITA EMILYA, - (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IVA MIN 7 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER DAN ABSTRA.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang menyebabkan hasil belajar Tematik khususnya dalam mata pelajaran IPS yang masih rendah diantaranya yaitu peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, hal ini ditandai dengan peserta didik kurang memperhatikan penjelasan pendidik saat pembelajaran berlangsung seperti asyik mencari kesibukkan sendiri dengan cara menganggu teman dan sering keluar masuk saat proses pembelajaran berlangsung, kurangnya interaksi peserta didik dengan pendidik dalam pembelajaran misalnya saat bertanya mengenai pembelajaran dan menanggapi pertanyaan dari pendidik, dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dan menyampaikan pendapat. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar IPS peserta didik yaitu 65,6% terlihat pada ujian tengah semester I tahun ajaran 2017/2018. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPS pada kelas IVA MIN 7 Pesisir Selatan dan mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS pada kelas IVA MIN 7 Pesisir Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis & MC Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data digunakan ialah observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data berdasarkan penilaian kognitif peserta didik yang dikatakan tuntas jika telah mencapai KKM dengan nilai 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Metode inkuiri terbmbing dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas IVA MIN 7 Pesisir Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian persentase ratarata dalam setiap aspek aktivitas pendidik dan aktivitas peserta peserta didik. Pencapaian aktivitas pendidik pada siklus I menunjukkan 77,85%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91% dan pencapaian aktivitas peserta didik siklus I menunjukkan 69,8% kemudian setelah dilakukan refleksi, pada siklus II pencapaian persentase rata-rata aktivitas peserta didik telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu mencapai rata-rata 88,5% dan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV A MIN 7 Pesisir Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu dari 17 orang peserta didik dinyatakan tuntas sebanyak 12 orang dan 5 orang peserta didik belum tuntas dengan nilai rata kelas 74,3. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan dari 17 orang peserta didik, 15 orang peserta didik yang dinyatakan tuntas dan 2 orang peserta didik dinyatakan belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas peserta didik meningkat menjadi 83,3. Hal ini terlihat peningkatan hasil belajar pesera didik dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing berhasil karena jumlah peserta didik yang memperoleh kriteria ketuntasan minimal lebih dari 70% total peserta didik di kelas IV A MIN 7 Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, pendidik dapat menerapkan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 15:36
Last Modified: 23 May 2019 15:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2786

Actions (login required)

View Item View Item