Penenrapan Srategi Pembelajaran Aktif tipe Index Crad Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam

RIRI AINUL MARDHIYAH, - (2018) Penenrapan Srategi Pembelajaran Aktif tipe Index Crad Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover, persetujuan pemb, abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam” yang disusun oleh Riri „Ainul Mardhiyah, NIM 1414070562 pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil Ujian Semester I, dari 22 orang peserta didik, 9 orang atau 40,9% yang tuntas, dan sebanyak 13 orang atau 59,1% yang belum tuntas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui Strategi Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu melihat hasil belajar peserta didik setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match dalam Pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain penelitian “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam. Pemilihan sampel adalah dengan sampling jenuh yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kuantitatif. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan N-Gain. Untuk mengetahui uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Index Card Match pada peserta didik kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam terdapat peningkatan yang signifikansi. Rata-rata hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) adalah 69,77 dan rata-rata hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 75,22. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung= 4,29, ttabel=2,08. Sehingga thitung>ttabel (4,29>2,08). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan diterima (Ho ditolak dan H1 diterima). Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS setelah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada peserta didik kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa penelitian ini telah berhasil memberikan peningkatan pada hasil belajar peserta didik kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam. Jadi kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 05 Kubang Putih Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 15:29
Last Modified: 23 May 2019 15:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item