Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi melalui Pembelajaran Luar Kelas pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Padang Pariaman

RABIATUL ADAWIYAH, - (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi melalui Pembelajaran Luar Kelas pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text
DAFTA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
skripsi full era.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PEMBELAJARAN LUAR KELAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 2 PADANG PARIAMAN” ditulis oleh Rabiatul Adawiyah NIM. 1414070712 pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman Kecamatan Ulakan Tapakis. Hal itu disebabkan peserta didik kesulitan dalam menemukan ide, mengembangkan ide, peserta didik kurang memahami materi karangan deskripsi, kesulitan menemukan tema atau objek yang akan dideskripsikan, belum terlatih menggunakan unsur-unsur kebahasaan seperti ejaan, diksi, struktur kalimat, dan kesulitan menentukan kerangka karangan menjadi sebuah karangan. Penelitian ini dibatasi pada penggunaan metode pembelajaran luar kelas untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membuat kerangka karangan, meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyusun kalimat sehingga menjadi kalimat yang utuh, serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memperhatikan ejaan dalam penulisan. Rumusan masalah ini adalah penggunaan metode pembelajaran luar kelas dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi peserta didik pada kelas IV MIN 2 Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskirpsi peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran luar kelas. Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat mengembangkan konsep pembelajaran tentang menulis karangan dengan menggunakan metode pembelajaran luar kelas. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, peserta didik, pendidik bahasa Indonesia, kepala sekolah dan terutama sekali peserta didik kelas IV MIN 02 Padasng Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bekerja sama dengan pendidik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang tindakan pendidik dan peserta didik serta hasil tes yang diperoleh setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data adalah: catatan lapangan, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. penenilaian proses dan penilaian hasil yang telah dilakukan. Hasil keberhasilan aspek pendidik pada siklus satu 72,85. Pada siklus 2. Pada siklus 2 meningkat75-59. Hasil pembelajaran dengan dengan tembokab Hasil penelitian ini menunjukan dengan menggunakan model pembelajaran luar kelas dalam menulis karangan deskripsi meningkat. Hasil pembelajaran dengan tindakan tersebut menunjukan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini dapat dilihat hasil siklus I rata-rata nilai peserta didik 72,85% . Pada siklus II rata-rata nilai peserta didik 79,39%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > AR Arabic Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 14:49
Last Modified: 23 May 2019 14:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item