Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau di MTsN Koto Baru Solok

RIDHO AL FATH EMIRAD, - (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau di MTsN Koto Baru Solok. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (394kB)

Abstract

skripsi ini berjudul: “Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau di MTsN Koto Baru Solok”. ditulis oleh Ridho Al Fath Emirad NIM. 412.020. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini bahwa : mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau sangat erat kaitannya dengan pendidikan karakter Islami. Hal ini disebabkan mata pelajaran ini berlandaskan kepada adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah. Melalui landasan ini peserta didik dibina dengan pengetahuan tentang adat Minangkabau dan pendidikan keIslaman agar tercipta peserta didik yang berkarakter Islami. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau di MTsN Koto Baru Solok.?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) perencanaan pendidikan karakter Islami dalam mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau. 2) pelaksanaan pendidikan karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau. 3) penilaian pendidikan karakter Islami dalam mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau. 4) kendala pendidikan karakter Islami dalam mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau di MTsN Koto Baru Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik dan pengawas madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil menemukan : (1) Perencanaan Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaraan Budaya Alam Minangkabau dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan nilai-nilai karakter Islami, perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau tercermin dari masuknya nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017. (2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau menggunakan dua cara, yakni kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. (3) Penilaian Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau meliputi : input (masukan), process (proses), out put (hasil) dan outcomes (dampak). Input pelaksanaan (siswa maupun guru) termasuk baik. Dalam proses pelaksanaan, dalam pembelajaran Mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau memasukkan delapan belas nilai karakter. Hasilnya siswa mempunyai pengetahuan dan kebiasaan nilai-nilai karakter. (4) Kendala Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau berupa kemampuan dan motivasi siswa yang berbeda menyebabkan ada siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, kemudian dari segi waktu yang sedikit sehingga guru tidak dapat mengefektifkan waktu yang tersedia serta sarana dan prasarana yang belum mendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:26
Last Modified: 11 Sep 2019 01:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item