BANI PARDANA, - (2018) Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMA N 1 Bayang Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
Cover, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (398kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
|
Text
BAB-III.pdf - Published Version Download (259kB) |
|
Text
BAB-IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
Text
BAB-V.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR-KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul: “K esiapan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan”. ditulis oleh Bani Pardana, NIM. 1314010697. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini bahwa : masih rendahnya Kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, karena kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif dalam mempersiapkan dan menyampaikan materi kegiatan belajar mengajar. Namun, pada kenyataanya ada diantara guru yang belum mampu mengimplementasikan berdasarkan tuntutan kurikulum 2013. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Kesiapan guru menyusun RPP dalam Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. 2) Kesiapan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. 3) Kesiapan guru dalam menggunakan sarana pembelajaran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bayang Pesisir Selatan. 4) Kesiapan guru dalam mengevaluasi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI, peserta didik dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara : Reduksi Data, Penyajian Data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini berhasil menemukan : 1. Kesiapan guru menyusun RPP dalam Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan bahwa guru Pendidikan Agama Islam sudah bisa membuat RPP dengan menggunakan kurikulum 2013 walaupun masih ada kendala yang dirasakan oleh guru PAI seperti membuat instrumen penilaian untuk peserta didik. 2. Kesiapan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 belum sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.Hal ini ini disebabkan sarana dan prasarana serta lingkungan sekitar sekolah yang kurang mendukung terhadap pengimplementasian kurikulum 2013 ini. 3. Kesiapan guru dalam menggunakan sarana pembelajaran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bayang Pesisir Selatan bahwa guru PAI masih belum mampu menggunakan sarana dan prasarana secara maksimal. 4. Kesiapan guru dalam mengevaluasi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan adalah guru PAI di SMAN 1 Bayang Pesisir Selatan sudah melaksanakan evaluasi berdasarkan kurikulum 2013. Namun kesiapan guru PAI dalam menggunakan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 ini masih belum matang karena penilaian ini membutuhkan waktu yang panjan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 01:20 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 01:20 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2734 |
Actions (login required)
View Item |